Hindari Minum Teh Berlebihan Saat Hamil, Ternyata Bisa Berbahaya

Kandung kafein pada jenis teh tertentu sangat tinggi.

Mutia Nugraheni
| 21 Juli 2021 08:05

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Konsumsi Pil KB dan Hamil

Dream - Kehamilan yang tak direncanakan kerap membuat kita dan pasangan merasa kaget. Usaha untuk mengontrol kehamilan dengan mengonsumsi pil kontrasepsi/ pil KB memang tak seratus persen.

Banyak kasus 'bobol' padahal ibu sudah mengonsumsi pil KB secara teratur. Tingkat kegagalan proteksi dari pil KB untuk mencegah kehamilan sekitar 8 persen.

"Baik pil kombinasi atau pil progestin saja memiliki tingkat kegagalan delapan persen dengan penggunaan yang khas. Alasan utama kegagalan? Tidak mengonsumsinya secara konsisten," ujar Amanda Black, seorang profesor kebidanan dan ginekologi di The Univeristy of Ottawa, dikutip dari Todays Parent.

Bagi mereka yang menggunakan pil kombinasi, sangat penting untuk meminumnya setiap hari selama minggu pertama. Jika melewatkan satu pil saja, mungkin tidak ada cukup estrogen untuk mencegah ovulasi, dan risiko hamil tetap tinggi.

Melewatkan pil dalam tujuh hari pertama dapat memicu ovulasi. Bahkan hanya terlambat lebih dari tiga jam saja mengonsumsinya, risiko kehamilan bisa terjadi. Pil KB juga bisa gagal bekerja jika ibu mengalami muntah atau diare.

"Tubuh tidak punya waktu cukup untuk menyerap ke dalam sistem tapi sudah keluar lewat muntah dan feses," kata Black.

 

Selanjutnya :

Berbahayakah?

Vonis 4,5 Tahun Penjara, Gaga Muhammad Trending di Twitter

Jangan Lewatkan