Hindari Minum Teh Berlebihan Saat Hamil, Ternyata Bisa Berbahaya

Kandung kafein pada jenis teh tertentu sangat tinggi.

Mutia Nugraheni
| 21 Juli 2021 08:05

Dampak Buruk Teh Pada Kehamilan

Berikut beberapa dampak buruk minum teh berlebihan saat hamil. Apa saja?

Gangguan Perut
Tidak sedikit wanita hamil yang mengalami gangguan perut seperti kembung dan asam lambung naik setelah minum teh. Keluhan ini bisa tambah parah jika teh dicampur dengan susu.

Ibu hamil yang mengidap intoleransi laktosa sebaiknya menghindari minum teh dengan susu agar tidak memperburuk kondisi perut. Sebagai gantinya, ibu hamil bisa minum teh herbal tanpa susu atau teh herbal rendah kafein.

Dehidrasi
Selama hamil, sebagian besar ibu menghadapi fase morning sickness yang menyebabkan mual dan muntah khususnya pada trimester pertama. Teh memang bisa menjadi minuman penenang dan penghilang mual saat hamil. Teh juga mengandung kafein yang berisiko memicu dehidrasi.

Gangguan Perkembangan Janin
Penelitian menunjukkan, paparan kafein yang berlebihan pada bayi selama di kandungan mungkin meningkatkan risiko lahir prematur, berat badan lahir rendah, atau cacat lahir. Konsumsi kafein terlalu banyak selama hamil pun bisa meningkatkan risiko keguguran atau bayi meninggal saat lahir.

Insomnia
Minum teh terlalu banyak berisiko menyebabkan insomnia. Hal ini dikarenakan kandungan kafein teh yang bisa membuat ibu terjaga dan sulit untuk tidur.

Selengkapnya baca di sini.

Selanjutnya :

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Konsumsi Pil KB dan Hamil

Pesona Jeanneta Sanfadelia, Istri Ardhito Pramono Mirip Chef Renatta?

Jangan Lewatkan