Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Hindari Makan Tauge Mentah Saat Hamil, Ini Sebabnya

Hindari Makan Tauge Mentah Saat Hamil, Ini Sebabnya Tauge/ Foto: Shutterstock

Dream - Masakan Indonesia kerap menggunakan tauge mentah sebagai campuran bahan. Seperti pada soto, rawon, karedok, gado-gado dan beberapa menu tradisional lainnya. Rasa tauge mentah memang lebih segar memiliki kekhasan tekstur yang garing.

Sayangnya, bagi ibu hamil mengonsumsi tauge mentah sebaiknya tak dilakukan. Mengapa? Sayuran mentah seperti tauge, meskipun sudah dicuci dengan air bersih yang mengalir, cenderung mengandung banyak bakteri.

Antara lain bakteri Listeria, Salmonella, dan E. coli yang dapat berpindah ke dalam biji kecambah melalui celah pada cangkang. Begitu ada di dalam benih, bakteri tumbuh dalam kondisi lembap dan hangat. Bakteri ini bisa memicu kondisi yang sangat berisiko bagi ibu hamil.

Dikutip dari KlikDokter, listeriosis dapat menyebabkan bayi lahir mati (stillbirth), keguguran, infeksi berbahaya, dan kelahiran prematur pada bayi baru lahir. Sementara, Salmonella dan E. coli dapat menyebabkan penyakit yang juga bisa berakibat fatal.

 

Masak Sampai Matang

"Semua sayuran mentah, termasuk tauge mentah, tidak boleh dikonsumsi saat hamil. Meski sudah dicuci bersih, tidak menutup kemungkinan masih ada bakteri yang menempel, misalnya E.coli. Jadi, kalau menginfeksi ibu, malah bisa membuatnya mual, muntah, dan diare," ungkap dr. Devia Irine Putri.

Jika ibu hamil sangat suka makan tauge, maka pastikan memasaknya dengan benar untuk menurunkan risiko penyakit. Memasak tauge dengan api kecil tidak akan membantu. Karena, api kecil tidak akan menghasilkan panas yang cukup untuk membunuh bakteri.

"Ibu hamil boleh makan tauge, asalkan dicuci bersih dan dimasak sampai matang. Bisa juga dikombinasikan dengan sayuran atau bahan makanan lainnya, misalnya ikan, tahu, atau daging," ujar dr. Devia Irine.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Hobi Makanan Pedas Saat Hamil, Bahaya Gak ya Bun?
Hobi Makanan Pedas Saat Hamil, Bahaya Gak ya Bun?

Ini pendapat para ahli mengenai mengonsumsi makanan pedas selama kehamilan.

Baca Selengkapnya
Hindari 7 Makanan ini untuk Dimakan di Atas jam 7 Malam
Hindari 7 Makanan ini untuk Dimakan di Atas jam 7 Malam

Ada beberapa makanan dan minuman yang apabila dikonsumsi di malam hari, dapat berdampak buruk.

Baca Selengkapnya
Menilik Segudang Manfaat Ceri Hitam yang Baik untuk Tubuh
Menilik Segudang Manfaat Ceri Hitam yang Baik untuk Tubuh

Setiap porsi 20 buah ceri hitam (sekitar 1 cangkir) mengandung.Intip yuk segudang manfaat ceri hitam ini, Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.