Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Hindari Kebiasaan yang Bikin Kualitas Tidur Anak Jadi Buruk

Hindari Kebiasaan yang Bikin Kualitas Tidur Anak Jadi Buruk Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Situasi pandemi membuat waktu tidur anak jadi berantakan. Hanya di rumah, tak banyak kegiatan, dan banyak bermain gadget atau menonton kerap membuat anak tidur larut malam.

Hal ini tentu tak boleh dibiarkan, karena waktu tidur sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Mereka yang kurang tidur atau tidurnya tak berkualitas sangat berisiko mengalami masalah pertumbuhan dan psikologis.

Untuk itu mulai sekarang hindari pemicu masalah tidur pada anak dan yang kerap membuat kualitas tidurnya menjadi buruk. Apa saja?

Perangkat elektronik
Menonton TV, menatap layar ponsel atau juga bermain video game, menjadi salah satu penyebab mengapa anak mengalami sulit tidur. Ini dapat menjadi masalah bagi anak-anak karena mereka perlu cukup tidur untuk waspada dan fokus di sekolah.

Jangan biarkan anak-anak menonton TV atau bermain video game setidaknya satu jam sebelum waktu tidur, dan lakukan sesuatu yang tenang dan menenangkan, seperti mandi atau membaca buku bersama. Selain itu, jauhkan TV, komputer, dan layar lain dari kamar tidur anak. Bahkan layar kecil, seperti smartphone, telah terbukti menyebabkan masalah tidur bagi anak-anak ketika mereka diperbolehkan berada di kamar tidur anak-anak.

 

Berpindah dari Satu Tempat ke Tempat Lainnya

Sulit bagi siapa pun baik anak-anak atau orang dewasa untuk tiba-tiba berubah dari terjaga menjadi tertidur tanpa waktu dan rutinitas sebelum tidur untuk beralih dari satu ke yang lain. Anak-anak usia sekolah, terutama yang lebih muda, membutuhkan sedikit waktu untuk transisi, apakah mereka pergi dari satu tempat ke tempat lain atau tidur.

Jika tidak mengizinkan anak memiliki waktu untuk beristirahat sebelum pergi tidur, kemungkinan besar mereka tidak akan bisa langsung tidur. Beri anak waktu untuk beralih dari bangun menjadi tertidur dengan memastikan ada ketenangan saat mandi, saat menyikat gigi, dan saat membaca buku.

 

Waktu dan Rutinitas

Waktu Tidur Tidak Konsisten
Masalah lain yang dapat mengganggu tidur anak adalah mengharapkan seorang anak tidur pada waktu tertentu pada suatu malam dan kemudian pada waktu yang sangat berbeda pada malam yang lain. Sayangnya, waktu tidur yang tidak konsisten hanya akan membuat anak-anak menjadi lebih lelah keesokan harinya dan tidak dapat tertidur pada waktu tidur mereka yang biasa.

Kurangnya Rutinitas 
Jika anak sulit tidur, mungkin inilah saatnya untuk melihat rutinitas malam hari mereka. Memiliki rutinitas waktu tidur yang baik penting bagi anak, seperti mandi air hangat yang menenangkan, lampu dan musik yang lembut, dan buku yang bagus semuanya bisa menjadi bagian dari rutinitas malam yang memberi sinyal kepada anak-anak bahwa sudah waktunya untuk beristirahat dan bersantai.

Laporan Gayuh Tri/ Sumber: Fimela

Suhu Ruangan Terbaik untuk Si Kecil Agar Bisa Tidur Nyenyak

Dream - Suhu ruangan yang ideal dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak dan tetap nyaman saat bermain. Kisaran suhu yang nyaman untuk bayi sangat tergantu pada cuaca. Penting untuk menjaga suhu ruangan yang ideal melalui termostat, pemanas, AC, atau membiarkan jendela tetap tertutup atau terbuka.

Kita juga harus mempertimbangkan pakaian bayi saat mengatur suhu ruangan. Lalu, berapa suhu ruangan yang ideal untuk bayi?

"Menurut para ahli tidur, suhu ruangan yang ideal untuk bayi dan balita adalah antara 18 hingga 21 derajat celcius, tergantung musim. Bayi tidak bisa beradaptasi dengan perubahan suhu, tidak seperti orang dewasa. Bayi bisa menjadi kepanasan saat ruangan menjadi panas dan mudah terasa dingin saat ruangan menjadi dingin," ujar dr. Bhagyashree Ketkar, dikutip dari MomJunction.

Orangtua dapat menjadikan tubuh sendiri titik acuan pertama untuk mengecek apakah suhu ruangan nyaman untuk bayi. Jika merasa agak dingin atau panas, kemungkinan itu terlalu dingin atau terlalu panas untuk bayi.

"Bisa juga apat meletakkan termometer kamar di kamar bayi untuk memeriksa suhu lingkungan karena suhu dapat bervariasi di berbagai bagian rumah," kata Ketkar.

 

Lakukan Hal Ini

Untuk menjaga suhu kamar bayi tetap nyaman coba lakukan beberapa langkah berikut:

- Tutupi jendela dengan tirai tebal untuk mencegah sinar matahari menghangatkan ruangan pada siang hari
- Biarkan jendela terbuka untuk membiarkan udara segar masuk
- Letakkan handuk basah di bukaan jendela untuk mencegah udara panas memasuki ruangan
- Dapat menggunakan kipas angin gantung untuk mengalirkan udara ke seluruh ruangan. Jika menggunakan kipas meja atau pendingin udara, jangan arahkan langsung ke bayi. - Letakkan agak jauh dari tempat tidur bayi dan atur kecepatan yang nyaman untuk putaran kipas
- Dapat menggunakan AC untuk menjaga suhu optimal 18–21 derajat celcius. Pertahankan aliran udara yang lembut dan jaga suhu tetap konstan.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Sering Terlelap Sampai Durasi Tidur Berlebih Akhir-Akhir Ini? Mungkin Ini Penyebabnya

Sering Terlelap Sampai Durasi Tidur Berlebih Akhir-Akhir Ini? Mungkin Ini Penyebabnya

Ternyata, tidur berlebihan dapat berhubungan dengan masalah kesehatan, baik fisik maupun mental. Berikut adalah beberapa penyebab tidur berlebih.

Baca Selengkapnya
Susah Tidur Malam Walau Lelah, Ini Sebabnya

Susah Tidur Malam Walau Lelah, Ini Sebabnya

Tubuh yang lelah tidak menjamin kamu lebih mudah tertidur di malam hari. Kondisi mental ternyata bisa jadi penyebab kamu sulit tidur meski sudah lelah.

Baca Selengkapnya
Tingkatkan Kesehatan dan Kualitas Tidur Anda dengan 5 Langkah Penting Ini!

Tingkatkan Kesehatan dan Kualitas Tidur Anda dengan 5 Langkah Penting Ini!

Ada beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas istirahat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Langkah Minimalisir Munculnya Kerutan Saat Tidur

4 Langkah Minimalisir Munculnya Kerutan Saat Tidur

Kebiasaan tidur tertentu bisa menyebabkan penuaan dini. Hindari kebiasaan tersebut untuk mencegah munculnya kerutan atau tanda penuaan lainnya.

Baca Selengkapnya
Anak Tidur Sebaiknya Dalam Kondisi Gelap, Dokter Jelaskan Alasannya

Anak Tidur Sebaiknya Dalam Kondisi Gelap, Dokter Jelaskan Alasannya

Tidur dengan lampu menyala juga membuat anak cenderung terbangun bukan dengan rasa segar.

Baca Selengkapnya
5 Strategi untuk Membantu Bayi Tidur dengan Lebih Tenang dan Berkualitas

5 Strategi untuk Membantu Bayi Tidur dengan Lebih Tenang dan Berkualitas

Perlu diketahui, bahwa setiap bayi unik dan mungkin merespon berbagai metode tidur dengan cara yang berbeda.

Baca Selengkapnya
6 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Ternyata Bikin Berat Badan Naik

6 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Ternyata Bikin Berat Badan Naik

Sebelum kita tidur di malam hari, seringkali kita tak sadar melakukan kebiasaan-kebiasaan yang seolah menjadi ritual sebelum tidur.

Baca Selengkapnya
Ingin Tidur Lelap dan Stop Bergadang? Dokter Sarankan Berjemur 20 Menit Tiap Hari

Ingin Tidur Lelap dan Stop Bergadang? Dokter Sarankan Berjemur 20 Menit Tiap Hari

Insomnia atau kebiasaan begadang di malam hari sulit diatasi. Coba terapkan beberapa kebiasaan ini agar mudah tidur lebih cepat.

Baca Selengkapnya
Hewan Menggemaskan Ini Tidur 10.000 Kali Sehari, Setiap Tidur Cuma 4 Detik

Hewan Menggemaskan Ini Tidur 10.000 Kali Sehari, Setiap Tidur Cuma 4 Detik

Pola tidur tersebut bukan hanya sebuah kebiasaan unik, tapi juga menjadi strategi vital mereka.

Baca Selengkapnya