Hindari Dot Demi Gigi Anak Selalu Sehat

Biasakan menjelang tidur, kondisi gigi si kecil selalu dalam keadaan bersih.

Mutia
| 8 November 2018 10:10

Dream - Kasus gigi berlubang hingga hancur pada anak usia balita banyak terjadi. Salah satu penyebabnya adalah tidak menerapkan kebiasaan menjaga kesehatan gigi sejak dini.

Seperti minum susu dengan dot sambil tidur. Semalaman dot berada di mulut anak dan hal ini berlangsung cukup lama.

Efeknya, gigi berlubang hingga menghitam dan hancur. Untuk itu selalu biasakan menjelang tidur, kondisi gigi si kecil selalu dalam keadaan bersih.

" Biasakan menyikat gigi sebaiknya 2 kali dalam sehari pada saat sebelum tidur dan sudah makan pagi. Terutama setelah minum atau makanan asupan yang manis, minimal berkumur," kata drg. Amaliya saat ditemui di Jakarta, Rabu 7 November 2018.

Jika meminum sesuatu yang manis segera bersihkan gigi. Sisa gula dari minuman manis dapat membuat gigi menjadi berlubang. Sebaiknya, hindari juga penggunaan dot dalam waktu lama.

" Minumlah dengan menggunakan gelas atau sedotan" kata Amaliya.

Biasakan juga si kecil untuk pergi ke dokter gigi secara rutin. Pemeriksaan gigi sejak dini sangatlah penting agar anak tidak takut.

" Biasakan ke dokter gigi seperti mengajak ke mal, karena jika sudah sering diajak maka anak tidak akan takut jika diajak ke dokter gigi," pesan Amaliya

Laporan Ava Haprin

Mengaji di Kolong Jalan

Jangan Lewatkan