Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Hasil Testpack Negatif Tapi Saat USG Ternyata Hamil, Ini Sebabnya

Hasil Testpack Negatif Tapi Saat USG Ternyata Hamil, Ini Sebabnya Hasil Testpack Negatif (Foto: Shutterstock)

Dream - Beberapa ibu mengalami kegalauan saat tes kehamilan dan hasilnya negatif. Pasalnya, haid sudah telat beberapa hari dan tubuh terasa sangat tidak nyaman. Kondisi ini tentunya membingungkan.

Memeriksakan diri ke dokter kandungan, jadi satu-satunya jalan untuk mendapatkan hasil yang akurat. Pada beberapa kasus, hasil testpack bisa saja salah, menunjukkan tanda negatif tapi sebenarnya hamil.

Kondisi tersebut false negative atau negatif palsu. Faktanya, hasil testpack negatif palsu lebih sering terjadi daripada positif palsu. Untuk itu, sangat dianjurkan melakukan pemeriksaan beberapa kali dengan berbagai merek testpack yang berbeda.

Mengapa hasil testpack bisa salah? Banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Pertama, jika tes dilakukan terlalu awal. Jika telat haid, coba tunggu satu hingga dua minggu baru kemudian lakukan tes.

"Salah satu kesalahan umum yang dilakukan adalah menggunakan testpack terlalu awal. Pada awal kehamilan, tingkat hormon hCG sangat rendah dan bisa tidak terdeteksi dalam tes. Bahkan tes darah tidak dapat memberikan hasil yang akurat pada tahap awal," kata dr. Asmita Kaundal, spesialis kandungan, dikutip dari MomJunction.

 

Periksa Kemasan

Penyebab kedua hasil testpack negatif palsu adalah tidak menunggu reaksi sesuai dengan petunjuk. Setelah alat dimasukkan ke urine, harus menunggu selama beberapa menit.

"Baca instruksi untuk mengetahui waktu reaksi yang diberikan pada alat tes. Bisa bervariasi dari tiga hingga sepuluh menit.

Penyebab ketiga adalah urine terlalu encer. Hal ini juga sangat berpengaruh. Usahakan untuk melakukan tes pada pagi hari setelah bangun tidur. Dalam kondisi tersebut urine sangat pekat. Jika hamil, level hormon hCG yang terdapat pada urine sangat tinggi.

Keempat, selalu periksa kemasan testpack. Jangan sampai menggunakan alat yang kedaluwarsa, karena keakuratannya akan turun drastis. Begitu juga jika kemasannya rusak, sebaiknya beli yang baru.

Testpack Positif Tak Jaminan Hamil, Simak Penjelasannya

Dream - Bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan dan menginginkan buah hati, telat datang bulan disertai hasil test pack postif tentu jadi hal yang sangat ditunggu-tunggu. Memang, dengan alat praktis tersebut, hamil atau tidak bisa diketahui dalam hitungan detik saja.

Tapi ternyata hasil test pack tak bisa dijadikan acuan. Ibu tetap harus berkonsultasi dengan dokter kandungan dan melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Pasalnya, test pack positif belum tentu hamil bayi.

"Ada beberapa penyakit saat kehamilan yang mungkin didapat oleh seorang wanita bila dia mendapatkan test pack positif, salah satunya adalah mola pregnancy atau kehamilan mola.
Sebenarnya apa sih kehamilan mola? Penyakit ini disebut juga kehamilan anggur karena memang bentuknya mirip anggur," ungkap dr Kartika Hapsari SpOG.

Hamil Anggur

Dokter Kartika menjelaskan, kehamilan anggur terjadi karena proses pembuahan yang tidak sempurna antara sperma dan sel telur, sehingga bukan bayi yang terbentuk. Ada tanda-tanda yang biasanya muncul, yaitu biasanya ibu akan mengalami pendarahan dan rahim yang membesar tidak sesuai dengan usia kehamilannya.

"Untuk mengetahuinya kondisi kehamilan ini dapat didiagnosa dengan USG terutama trimester 1 atau 3 bulan pertama kehamilan," ujar dr. Kartika.

Penyebab kehamilan mola ini sampau saat ini belum diketahui secara spesifik. Dari beberapa teori, menurut penjelasan dr. Kartika, kehamilan anggur salah satunya bisa terjadi karena kurangnya asupan nutrisi, seperti asam fola. Lalu, saat ibu hamil di usia kurang dari 20 tahun atau di atas 40 tahun.

 

Pemeriksaan USG

Pengobatannya sendiri harus dikonsultasikan dengan dokter kandungan. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan lebih detail untuk mengetahui kondisi ibu.

"Pengobatan pada mola adalah melakukan evakuasi mola atau kuretase, dan yang paling penting adalah melakukan pengecekan kadar titer hormon BHCG dalam darah. Oleh karena itu biasanya setelah mengalami kehamilan mola pasien tidak disarankan hamil kembali selama 1 thn untuk dilakukan pengecakan berkala titer hormon BHCG untuk mengetahui apakah kehamilan molanya tidak bersifat keganasan atau kanker,"

Jadi, dokter Kartika sangat menyarankan untuk segera melakukan pemeriksaan USG pada awal-awal kehamilan. Hal ini untuk mengetahui kondisi kehamilan dan janin secara sepesifik.
Selengkapnya baca di sini.

Sumber: dr. Kartika Hapsari SpOG

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Menangis Usai Tahu Sang Istri Hamil, Angga Wijaya Beli Banyak Testpack Biar Yakin

Menangis Usai Tahu Sang Istri Hamil, Angga Wijaya Beli Banyak Testpack Biar Yakin

Angga pernah mengungkapkan dirinya ingin cepat diberi keturunan diawal pernikahan.

Baca Selengkapnya
Terungkap 9 Arti Mimpi Garis Dua Testpack, Siap Hadapi Segala Kemungkinan yang Menanti

Terungkap 9 Arti Mimpi Garis Dua Testpack, Siap Hadapi Segala Kemungkinan yang Menanti

Mimpi garis dua testpack sebagai peringatan untuk lebih mempersiapkan diri secara mental dan emosional dalam menghadapi segala kemungkinan.

Baca Selengkapnya
Biar Hasilnya Akurat,  Selalu Timbang Berat Badan di Waktu yang Tepat

Biar Hasilnya Akurat, Selalu Timbang Berat Badan di Waktu yang Tepat

Menimbang setiap hari sebenarnya tidak merepresentasikan berat badan kita yang sebenarnya loh.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ditangkap di Daan Mogot, Hasil Tes Urine  Saipul Jamil Negatif Narkoba

Ditangkap di Daan Mogot, Hasil Tes Urine Saipul Jamil Negatif Narkoba

Setelah melakukan pemeriksaan hasil tes urine Saipul Jamil menunjukkan negatif narkoba.

Baca Selengkapnya
Butuh Berapa Lama untuk Melihat Hasil dari Olahraga? Mari Cari Tahu

Butuh Berapa Lama untuk Melihat Hasil dari Olahraga? Mari Cari Tahu

Banyak yang ingin mendapatkan hasil instan, padahal tubuh membutuhkan waktu untuk berubah setelah rutin olahraga.

Baca Selengkapnya
Cara Pakai Sampo Antiketombe yang Benar, Harus Didiamkan Dulu

Cara Pakai Sampo Antiketombe yang Benar, Harus Didiamkan Dulu

Biar tak salah pakai, kamu wajib tahu fakta-fakta ini.

Baca Selengkapnya
Kemenag: Hasil Seleksi PPIH Diumumkan 26 Februari 2024

Kemenag: Hasil Seleksi PPIH Diumumkan 26 Februari 2024

Kemenag akan umumkan hasil seleksi PPIH 26 Februari 2024.

Baca Selengkapnya
Sering Buang Air Kecil Saat Hamil Tak Selalu Normal, Bisa Jadi Tanda Infeksi

Sering Buang Air Kecil Saat Hamil Tak Selalu Normal, Bisa Jadi Tanda Infeksi

Bila ibu hamil merasa frekuensi buang air kecil sangat menganggu dan disertai demam dan nyeri, segera konsultasikan dengan dokter.

Baca Selengkapnya
4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

Hidung tersumbat menjadi problem umum yang sering menimpa kita, terutama saat musim flu atau saat kita sedang mengalami alergi.

Baca Selengkapnya