Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Hasil Test Pack Positif Tapi Tak Muncul Gejala Kehamilan, Cari Tahu Sebabnya

Hasil Test Pack Positif Tapi Tak Muncul Gejala Kehamilan, Cari Tahu Sebabnya Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Haid tak kunjung datang, biasanya muncul kesimpulan kalau terjadi kehamilan. Test pack pun digunakan dan hasilnya menunjukan garis dua atau positif. Biasanya, di awal kehamilan kondisi tubuh berubah.

Muncul rasa pusing, mual, payudara nyeri, lemas, kram perut dan keluhan umum yang kerap terjadi pada ibu hamil. Ternyata gejala tersebut sama sekali tak dirasakan. Hal ini mungkin memunculkan kekhawatiran.

Jika hasil test pack menunjukkan positif, tetapi gejala tidak muncul, berikut ini kemungkinan penyebabnya.

Tak mengenali gejala awal
Implantasi terjadi pada waktu yang hampir bersamaan dengan masa menstruasi. Ibu mungkin mengalami pendarahan ringan dan kram (akibat implantasi) untuk jangka waktu tertentu dan tak menyadari kalau sebenarnya hal itu merupakan tanda kehamilan.

 

Tes terlalu awal dan sedikit keluhan

Tes terlalu awal

Beberapa ibu mulai mengalami gejala satu atau dua minggu setelah pembuahan, sementara yang lain mungkin mengalaminya setelah beberapa bulan. Diperlukan waktu sekitar enam hingga 12 hari agar sel telur yang telah dibuahi menempel ke rahim. Hasil tes mungkin positif tetapi gejala mungkin perlu waktu untuk muncul dan dirasakan.

Sedikit keluhan
Tak semua ibu hamil mengalami mual dan sakit kepala hebat. Ada yang justru tak merasakan mual sama sekali. Bisa juga ibu menganggap tubuh sedikit lemas karena kelelahan, padahal hal tersebut karena kehamilan.

 

Positif Palsu dan Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik
Ini adalah kondisi di mana embrio yang dibuahi dan tertanam di luar rahim, dalam 95% kasus di tuba falopi. Kehamilan ini tak akan berkembang, bisa gugur sendiri atau harus dikuretase. Meski demikian, masih menghasilkan level hCG yang tinggi sehingga saat test pack menunjukkan positif.

Hasil tes kehamilan positif palsu
Hasil tes positif palsu juga dapat terjadi jika tes menunjukkan positif meskipun Anda tidak hamil. Ini bisa terjadi karena faktor-faktor yang dapat mengacaukan hasil tes kehamilan. Antara lain penggunaan obat kesuburan, obat antidepresi, diuretik dan beberapa obat lain yang bisa memunculkan ekstraksi pada urine yang berdampak memunculkan tanda positif pada test pack padahal tak ada kehamilan.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat segera periksakan diri ke dokter. Terutama jika ibu memiliki riwayat penyakit dan sedang menanti kehamilan.

Sumber: MomJunction

Ingin Mulai Program Hamil? Mulai dengan Cara Simpel di Rumah

Dream - Bagi pasangan yang sedang berusaha mendapatkan buah hati, usaha tentunya harus dilakukan. Meski dalam situasi pandemi seperti sekarang, jangan sampai menghalangi program kehamilan yang ingin dijalankan.

Mungkin ada sedikit keraguan untuk menjalankannya, seperti khawatir karena harus berkonsultasi intensif dengan dokter di rumah sakit. Situasi pandemi juga belum ada kepastian kapan berakhir.

Tak ada salahnya sebelum memulai program dengan intensif dan konsultasi dengan dokter, mulailah mempersiapkan diri di rumah. Caranya simpel dan bisa dilakukan di rumah. Apa saja?

Pola makan sehat
Menyiapkan tubuh sebelum kehamilan terjadi sangat penting. Bukan hanya bagi calon ibu tapi juga calon ayah. Pasalnya, sel sperma dan sel telur yang sehat akan terbentuk menjadi embrio yang kuat, kehamilan pun bisa berjalan baik.

Salah satu caranya adalah memperbaiki pola makan. Kurangi asupan gula, perbanyak konsumsi protein alami. Seperti ikan, ayam, daging dan kacang-kacangan. Hindari makanan instan berpengawet.

 

Olahraga

Hal ini biasanya yang sangat sulit, tapi setidaknya lakukan aktivitas fisik sederhana. Bisa dengan naik turun tangga, plank, zumba via youtube atau mungkin jalan kaki. Olahraga sangat penting untuk membuat peredaran darah lebih lancar.

Untuk sementara, bagi calon ayah, hindari dulu olahraga sepeda karena bisa berdampak negatif pada kualitas sperma. Pilih olahraga lain yang aman tapi lakukan degan rutin, seperti lari atau jalan kaki.

 

Konsumsi asam folat

Kini banyak vitami yang dijual di pasaran mengandung asam folat. Zat tersebut sangat penting untuk mencegah cacat janin. Memenuhi kebutuhan asam folat penting untuk menyiapkan tubuh sebelum hamil.

Asam folat juga dapat ditemukan di sayuran berdaun hijau, jeruk, dan kacang-kacangan. Saat merencanakan kehamilan, calon ibu membutuhkan 400 mikrogram asam folat setiap hari, jumlah yang ada di sebagian besar multivitamin.

 Kurangi Kafein

Beberapa ahli menyarankan calon ayah dan ibu mengonsumsi tidak lebih dari 200 miligram kafein sehari saat mencoba untuk hamil dan selama kehamilan. Porsi tersebut sekitar satu cangkir kopi 12 ons atau empat cangkir teh. Ganti ke kopi ke tanpa kafein atau coba susu hangat sebagai gantinya.

Sumber:WebMD

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Menangis Usai Tahu Sang Istri Hamil, Angga Wijaya Beli Banyak Testpack Biar Yakin

Menangis Usai Tahu Sang Istri Hamil, Angga Wijaya Beli Banyak Testpack Biar Yakin

Angga pernah mengungkapkan dirinya ingin cepat diberi keturunan diawal pernikahan.

Baca Selengkapnya
9 Penyebab Menstruasi Telat Seminggu yang Perlu Dipahami, Bukan Hanya Pertanda Hamil

9 Penyebab Menstruasi Telat Seminggu yang Perlu Dipahami, Bukan Hanya Pertanda Hamil

Penyebab mens telat seminggu bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti stres, perubahan hormon, kondisi medis tertentu, dan faktor gaya hidup.

Baca Selengkapnya
Waduh! Belum Hilang Efek Bius, Pria ini Malah Sebut Nama Mantan Depan Istrinya

Waduh! Belum Hilang Efek Bius, Pria ini Malah Sebut Nama Mantan Depan Istrinya

Pria ini malah ingat mantan selepas operasi, pas sadar ketar-ketir.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
3 Manfaat Berolahraga Saat Menstruasi, Tetap Aktif Yuk!

3 Manfaat Berolahraga Saat Menstruasi, Tetap Aktif Yuk!

Walaupun tubuh terasa lemas, ternyata berolahraga saat menstruasi bisa jadi solusi PMS dan memberi manfaat kesehatan lainnya.

Baca Selengkapnya
Tersenyum Lebar, Saipul Jamil Akhirnya Bebas

Tersenyum Lebar, Saipul Jamil Akhirnya Bebas

Saipul Jamil akhirnya bisa keluar dari Mapolsek Tambora setelah hasil tes urine dan rambut menunjukkan negatif dari narkoba.

Baca Selengkapnya
5 Hal Penting Bantu Hilangkan Stres Pada Ibu Hamil

5 Hal Penting Bantu Hilangkan Stres Pada Ibu Hamil

Seringkali, stres pada ibu hamil muncul di trimester ketiga hingga saat persalinan.

Baca Selengkapnya
Sering Buang Air Kecil Saat Hamil Tak Selalu Normal, Bisa Jadi Tanda Infeksi

Sering Buang Air Kecil Saat Hamil Tak Selalu Normal, Bisa Jadi Tanda Infeksi

Bila ibu hamil merasa frekuensi buang air kecil sangat menganggu dan disertai demam dan nyeri, segera konsultasikan dengan dokter.

Baca Selengkapnya
Tak Perlu Panik Muncul Rasa Panas Saat Menstruasi, Ini Sebabnya

Tak Perlu Panik Muncul Rasa Panas Saat Menstruasi, Ini Sebabnya

Salah satu gejala yang mungkin dihadapi oleh sebagian wanita adalah hot flash atau rasa panas yang muncul tiba-tiba saat menstruasi.

Baca Selengkapnya
Biar Hasilnya Akurat,  Selalu Timbang Berat Badan di Waktu yang Tepat

Biar Hasilnya Akurat, Selalu Timbang Berat Badan di Waktu yang Tepat

Menimbang setiap hari sebenarnya tidak merepresentasikan berat badan kita yang sebenarnya loh.

Baca Selengkapnya