Hanya Butuh 12 Hari untuk Bisa Hamil, Tapi...

Hal ini tak terjadi pada setiap orang, karena dipengaruhi oleh banyak faktor.

Mutia
| 10 Oktober 2018 16:11

Dream - Menjalani program kehamilan memang membutuhkan komitmen jangka panjang. Bukan hanya menyiapkan kondisi fisik tapi juga mental. Hal yang juga sangat penting dilakukan adalah kekompakan suami istri.

Faktanya, untuk bisa hamil hanya membutuhkan waktu antara 12 hingga 16 hari. Kehamilan bukan dihitung setelah berhubungan intim. Pasalnya, butuh waktu enam hari untuk sel sperma membuahi sel telur lalu menjadi sebuah embrio.

Lalu dibutuhkan waktu 10 hari untuk embrio tersebut menempel di rahim. Baru bisa dikatakan hamil jika hormon-hormon kehamilan mulai diproduksi oleh tubuh karena implantasi. Sehingga total waktu dibutuhkan 12 hingga 16 hari untuk bisa hamil.

Tetapi hal ini tak terjadi pada setiap orang, karena dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu yang paling berpengaruh adalah usia.

" Untuk perempuan usia 20 hingga 30an biasanya tak butuh waktu lama untuk bisa hamil, tapi mereka yang berusia akhir 30 atau memasuki 40 memang cenderung lebih sulit. Pasalnya sel telur yang berkualitas jumlahnya sudah semakin menurun seiiring bertambahnya usia," kata Heather Bartos M.D., seorang dokter kandungan di Texas Health Presbyterian Hospital Denton.

Faktor lain yang juga sangat berpengaruh adalah penggunaan alat kontrasepsi. Setelah dicopot atau tak lagi digunakan biasanya ibu akan kembali haid. Baru kemudian kehamilan bisa berhasil.

 

Selanjutnya :

Rokok dan Berat Badan Berlebih Hambat Kehamilan

JOKOWI AKUI TAHU BAHASA ACEH DI DEPAN ULAMA

Jangan Lewatkan