Hamil di Usia 40-an, Ibu Harus Lakukan Ini

Demi kesehatan diri sendiri dan janin dalam kandungan.

Mutia Nugraheni
| 13 Juli 2021 16:04

Dream - Riafinola Ifani Sari atau akrab disapa Nola, personal B3 yang juga ibu dari penyanyi cilik Naura dan Neona, mengumumkan kalau dirinya tengah hamil di usia yang tak lagi muda. Saat ini usia Nola sudah menginjak 43 tahun.

Awalnya Nola dan sang suami Baldy, cukup khawatir dengan kehamilan ini. Seperti yang kita tahu, hamil di usia 40 tahun ke atas memang memiliki risiko yang lebih besar. Mereka pun melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan, dan hasilnya kondisi janin sangat baik.

" Alhamdulilllah menurut dokter dan hasil USG kondisi Janin baik dan sudah ada detak jantung nya, Disitulah suami @baldynola baru tenang," tulis Nola di Instagramnya @riafinola.

 Nola Hamil

Kehamilan bisa terjadi kapan saja, ketika pasangan dalam kondisi subur. Termasuk ketika usia 35 hingga 40an. Hamil pada usia 35 ke atas memang lebih berisiko dibandingkan hamil di usia 20-an, tapi bukan berarti risiko tersebut tak bisa diminimalisir.

Kuncinya adalah melakukan pemeriksaan secara lebih intensif. Ibu juga harus lebih menjaga kesehatan tubuhnya. Hal ini mengingat kondisi dan vitalitas tubuh sangat berbeda dibandingkan ketika hamil usia 20an.

" Hal yang wajib dilakukan ibu dan ayah adalah jangan segan untuk berkonsultasi lebih detail dengan dokter. Minta penjelasan kepada dokter apa yang harus dihindari dan risikonya dan perawatan yang harus dilakukan," ujar Nathalina Lee, seorang bidan profesional.

 

Selanjutnya :

Pemeriksaan Lebih Sering

Ibunda Amanda Manopo Dibawa Ambulan karena Covid-19

Jangan Lewatkan