Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Gusi Nyeri dan Berdarah Saat Hamil Tak Boleh Dianggap Sepele

Gusi Nyeri dan Berdarah Saat Hamil Tak Boleh Dianggap Sepele Ibu Hamil Periksa Gigi/ Foto: Shutterstock

Dream - Berbagai keluhan akan muncul saat hamil, seperti mual, lemas, sakit kepala dan kaki bengkak. Nah, sangat jarang yang menyebutkan kalau nyeri pada gusi juga bisa muncul.

Beberapa ibu hamil mengalami nyeri gusi. Ada yang hanya keluhan ringan tapi juga ada yang sampai sulit makan. Hal ini tentu saja dapat menghambat asupan nutrisi pada ibu yang juga bisa berdampak buruk pada janin.

"Nyeri gusi saat hamil juga disebut gingivitis. Sekitar 50 persen ibu hamil mengalaminya, ditandai dengan pembengkakan gusi menyakitkan yang sering berdarah saat menyikat dan membersihkan gigi," kata drg Sophya Morghem, dikutip dari PopSugar.

Perubahan hormonal secara drastis, membuat gusi menjadi lebih sensitif terhadap plak dan jadi tempat yang mendukung pertumbuhan bakteri penyebab radang gusi. Gingivitis kehamilan dapat terjadi kapan saja sebelum melahirkan, seringkali paling parah selama trimester kedua.

"Sangat disarankan agar pasien datang untuk pembersihan pada interval tiga bulan selama kehamilan untuk membantu mengurangi penumpukan plak ini," ujar Morghem.

 

Segera Konsultasi

Ia juga sangat merekomendasikan ibu hamil untuk lebih intensif melakukan perawatan mulut di rumah Anda. Bukan hanya sikat gigi rutin, tapi juga membersihkan gigi dengan benang gigi (dental floss) setiap malam, serta berkumur dengan air garam untuk membantu meredakan peradangan.

"Untuk kasus ringan, radang gusi ini bisa hilang setelah kehamilan. Namun, bagi sebagian orang, radang gusi ini bisa memburuk. Dimulai dengan radang gusi, ini bisa menyebabkan periodontitis, yang merupakan tahap lebih parah yang ditandai dengan keropos tulang," kata Morghem.

Gingivitis kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur atau berat badan lahir rendah pada bayi. Untuk itu jika ibu mengalaminya saat hamil, segera periksakan diri ke dokter.

Menguak Manfaat Berhubungan Intim Saat Hamil

Dream - Beberapa pasangan ada yang sangat takut berhubungan intim saat istri tengah mengandung. Salah satu hal yang memicu kekhawatiran adalah, janin di dalam rahim akan bermasalah karena aktivitas seksual.

Sebenarnya, jika kehamilan dalam kondisi normal dan ibu juga sehat, berhubungan intim saat hamil aman dilakukan. Dokter bahkan merekomendasikan, karena bisa membuat ibu hamil lebih rileks dan menguatkan ikatan antara ayah dan ibu sebagai pasangan.

Tak perlu khawatir dengan kondisi janin karena dilindungi oleh cairan amnion yang terdapat dalam rahim. Dengan demikian, aktivitas seksual tidak akan mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan.

Dikutip dari KlikDokter.com, berhubungan intim pada masa kehamilan malah bisa memberikan serangkaian manfaat apabila dilakukan dengan benar. Berikut beberapa manfaat seks saat hamil yang bisa dirasakan:

1. Meningkatkan kualitas kepuasan
Saat berhubungan intim, aliran darah yang menuju ke organ-organ reproduksi akan meningkat. Hal tersebut dapat meningkatkan fungsi-fungsi organ yang terlibat. Selain itu, berhubungan intim saat hamil juga dapat meningkatkan kualitas orgasme pasangan suami istri. Orgasme dapat membuat tubuh melepaskan hormon endorfin, yang dapat membuat suasana hati ibu dan janin yang dikandung bahagia serta relaks.

 

2. Meningkatkan kebugaran

Berhubungan intim terbukti dapat meningkatkan proses metabolisme. Ketika metabolisme meningkat, maka akan lebih banyak kalori yang dibakar. Setiap menit berhubungan intim, terdapat sekitar 5 kalori yang terbakar. Hal ini dapat membantu menjaga kebugaran wanita hamil, yang bobot tubuhnya semakin bertambah dan merasa sulit untuk berolahraga.

3. Perkuat ikatan hubungan
Manfaat berhubungan intim saat hamil tentu dapat memperkuat ikatan antara suami dan istri. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa berhubungan intim juga dapat menurunkan stres bagi pasangan suami istri. Keadaan ini sangat baik untuk menjaga kestabilan mental pasangan yang sedang menantikan kelahiran calon buah hati.

 

4. Tingkatkan kekebalan tubuh

Manfaat berhubungan intim saat hamil, yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian di Universitas Wilker, Amerika Serikat. 

Penelitian tersebut menemukan, seseorang yang melakukan hubungan intim 1 hingga 2 kali setiap minggu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih optimal dibandingkan orang-orang yang tidak melakukannya. Penelitian lain juga membuktikan, berhubungan intim dapat meningkatkan kadar imunoglobulin A yang berperan penting dalam lapisan pertama pertahanan tubuh.

Penjelasan selengkapnya baca di sini

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Beda Usia, Ternyata Beda Cara Perawatan Gigi Anak
Beda Usia, Ternyata Beda Cara Perawatan Gigi Anak

Jaga kesehatan gigi dan gusi si kecil sejak dini agar tidak bermasalah di kemudian hari.

Baca Selengkapnya
Sering Buang Air Kecil Saat Hamil Tak Selalu Normal, Bisa Jadi Tanda Infeksi
Sering Buang Air Kecil Saat Hamil Tak Selalu Normal, Bisa Jadi Tanda Infeksi

Bila ibu hamil merasa frekuensi buang air kecil sangat menganggu dan disertai demam dan nyeri, segera konsultasikan dengan dokter.

Baca Selengkapnya
Keluhan Kehamilan yang Sering Dianggap Wajar tapi Bisa Jadi Tanda Bahaya
Keluhan Kehamilan yang Sering Dianggap Wajar tapi Bisa Jadi Tanda Bahaya

Jangan ragu untuk konsultasi dokter demi kesehatan ibu hamil dan janin.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Hal Tak Terduga yang Bisa Membahayakan Kesuburan Pria dan Wanita
4 Hal Tak Terduga yang Bisa Membahayakan Kesuburan Pria dan Wanita

Banyak faktor yang membuat kesuburan jadi bermasalah dan kadang membutuhkan intervensi medis agar kehamilan bisa terjadi.

Baca Selengkapnya
3 Kondisi Pada Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Kaget
3 Kondisi Pada Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Kaget

Bayi bisa mengalami hal-hal yang mungkin dianggap aneh, padahal sebenarnya cukup normal.

Baca Selengkapnya
5 Bahan Alami yang Diketahui Bisa Redakan Gejala Sakit Gigi
5 Bahan Alami yang Diketahui Bisa Redakan Gejala Sakit Gigi

Sambil menunggu jadwal dokter gigi, coba manfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur.

Baca Selengkapnya
5 Penyebab Hasil Positif di Tes Kehamilan Ternyata Palsu
5 Penyebab Hasil Positif di Tes Kehamilan Ternyata Palsu

Muncul garis dua, tapi ketika diperiksakan ke dokter hasilnya ternyata negatif.

Baca Selengkapnya
Stop Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Gigi Berlubang
Stop Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Gigi Berlubang

Ternyata menyikat gigi setelah bangun tidur dapat membuat gigi menjadi kurang sehat

Baca Selengkapnya
Kondisi Tubuh Mudah Berubah Usai Libur Tahun Baru, Simak Saran Dokter Gizi
Kondisi Tubuh Mudah Berubah Usai Libur Tahun Baru, Simak Saran Dokter Gizi

Perubahan kondisi tubuh kerap terjadi pasca libur tahun baru. Simak tips dokter gizi untuk tahu cara mengontrol dan mengatasinya.

Baca Selengkapnya