Gigi Anak Berantakan? Jangan Tunda untuk Berkonsultasi

Rupanya kondisi gigi anak yang berantakan, bengkok atau menumpuk juga disebabkan oleh...

Mutia Nugraheni
| 6 Agustus 2018 19:42

Dream - Masalah gigi pada anak-anak seringkali dianggap sepele. Hal ini lantaran gigi mereka masih gigi susu yang bakal tanggal dan digantikan dengan gigi dewasa. Salah satu masalah gigi yang kerap mengganggu pada anak-anak adalah gigi yang bengkok dan menumpuk atau sering disebut crooked teeth.

Rupanya kondisi gigi anak yang berantakan, bengkok atau menumpuk juga disebabkan oleh aspek genetik. Jika orangtua, kakek, nenek atau om dan tante mengalami masalah gigi yang bengkok dan berantakan maka anak juga sangat mungkin mengalaminya.

Kadang-kadang, kondisi gigi diwarisi dari satu nenek moyang dan struktur rahang dari gigi nenek moyang yang lain. Hal ini menghasilkan ketidakcocokan dalam ukuran gigi dan ukuran rahang.

" Ini dapat menyebabkan terlalu sedikit atau terlalu banyak ruang untuk gigi orang dewasa. Gigi pun jadi sangat berantakan," ujar Hannah Lee, seorang dokter gigi anak.

Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter gigi anak jika mendapati gigi si kecil sangat berantakan, menumpuk atau membuatnya jadi kesulitan mengunyah atau berbicara.

" Bisa mulai diajak berkonsultasi saat anak berusia 5 tahun atau ketika usia 7 tahun. Bisa jadi anak-anak membutuhkan perawatan rutin yang khusus untuk memperbaiki kondisi giginya," kata Lee.

Tak hanya genetik, kebiasaan anak saat kecil juga bisa berpengaruh buruk pada kondisi giginya. Misalnya cukup lama menggunakan dot, atau mengisap jempol. Jika kebiasaan ini terus berlanjut hingga usianya di atas 4 tahun maka ada kecenderungan anak membutuhkan perawatan gigi yang cukup intensif.

Sumber: KidSpot

The Next Presenter Liputan 6 | Diary Episode 1

Jangan Lewatkan