Gejala Aneh yang Mungkin Muncul di Awal Kehamilan

Bukan cuma pusing dan mual, sederet gejala-gejalan aneh ini juga sering dialami ibu hamil.

Mutia Nugraheni
| 25 Maret 2018 08:24

Dream - Tes kehamilan dan hasilnya positif? Bersiap-siaplah sederet pengalaman baru akan Anda rasakan. Salah satunya gejala-gejala aneh yang mungkin tak terpikirkan sebelumnya bakal dialami oleh ibu hamil.

Mungkin Sahabat Dream seringkali mendengar keluhan mual, pusing atau ngidam makanan tertentu pada ibu hami. Namun sebenarnya ada hal-hal lain yang boleh dibilang cukup aneh, juga dialami perempuan yang tengah berbadan dua. Apa saja?

Hidung tersumbat lebih sering
Hidung terasa penuh dengan lendir, napas juga tersumbat padahal tak sedang flu. Hormon kehamilan memicu produksi lendiri berlebih pada pernapasan. Jadi jangan heran kalau saat hamil, hidung jadi lebih sering tersumbat.

Mengecap rasa yang aneh
Dysgeusia, merupakan perubahan sensori yang terjadi di awal kehamilan. Hal ini sering membuat ibu seperti mengecap rasa logam di mulut. Efeknya bisa kehilangan nafsu makan, mual, bahkan hingga muntah. Biasanya mereda seiring pertambahan usia janin.

Kembung dan sering buang angin
Ibu hamil akan lebih sering merasakan kembung karena meningkatnya hormon progesteron saat kehamilan. Peningkatan hormon tersebut akan memperlambat sistem pencernaan dan
membuat level gas di pencernaan jadi lebih tinggi.

Pendarahan gusi dan hidung
Mimisan atau gusi berdarah juga seringkali terjadi di awal kehamilan. Hal ini karena meningkatkanya hormon kehamilan membuat gusi jadi lebih mudah mengalami peradangan. Gesekan sedikit saja, saat sikat gigi misalnya bisa memicu pendarahan. Begitu juga keluarnya darah dari hidung. Biasanya akan mereda sendiri tapi jika dirasa sangat menganggu, segera konsultasikan dengan dokter.

Laporan Dina Nazhifah

Sumber: Momjunction

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi

Jangan Lewatkan