Gejala Saat Telinga Anak Mulai Dipenuhi Kotoran

Ada tiga tanda yang terlihat jelas saat telinga si kecil sudah dipenuhi kotoran atau serumen.

Mutia Nugraheni
| 5 April 2018 16:05

Dream - Telinga memiliki semacam lapisan lilin di bagian dalamnya. Lapisan ini berfungsi untuk menahan kotoran masuk lebih dalam. Dengan adanya lapisan tersebut, kotoran akan menempel.

Namun ada kalanya jumlah kotoran yang menempel sangat banyak. Bahkan menumpuk dan membuat si kecil jadi tak nyaman dan bisa membahayakan kondisi telinganya. Ada tiga tanda yang terlihat jelas saat telinga si kecil sudah dipenuhi kotoran atau serumen.

Pertama, anak merasakan nyeri pada telinga. Kedua, ia berulang kali menarik telinganya. Lalu ketiga dan yang paling sering adalah si kecil sampai memasukkan jari ke liang telinga.

Jika muncul ntuk membersihkan telinga anak, jangan langsung menggunakan cotton bud untuk membersihkannya. Perlu diketahui kalau telinga manusia memiliki mekanisme untuk membersihkan diri sendiri. Menggunakan cotton bud malah bisa membuat kotoran masuk lebih dalam dan meningkatkan risiko luka.

Lebih baik menggunakan kain lembut yang telah dibasahi sedikit dengan air untuk membersihkan telinga. Tak perlu terlalu dalam, hanya bagian yang bisa digapai saja. Apabila memang kotoran terlihat banyak dan menggangu si kecil, sebaiknya dibawa ke dokter telinga, hidung dan tenggorokan.

Nantinya dokter akan membersihkan dengan cairan dan alat khusus. Jangan sampai niat membersihkan malah jadi melukai telinga si kecil. Berkonsultasi dengan dokter THT adalah yang paling tepat.

Sumber: Aditya Eka Prawira/ Liputan6.com

Giv Hijab-Be Exclusive. Be Devine

Jangan Lewatkan