Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Geger Ibu Biarkan Bayinya Jilat Troli untuk Tingkatkan Imunitas

Geger Ibu Biarkan Bayinya Jilat Troli untuk Tingkatkan Imunitas Ilustrasi

Dream - Daya tahan tubuh anak di bawah satu tahun memang belum terbentuk sempurna. Mereka akan mudah sakit jika terpapar virus dan bakteri. Untuk menjaga imunitas anak, hal yang penting dilakukan adalah memberinya asupan kaya nutrisi, vaksin sesuai jadwal dan membuat anak selalu aktif.

Rupanya Alice Bender, seorang ibu pemilik akun TikTok @comingupfern punya cara sendiri untuk menjaga imunitas anak yang bikin geger. Dalam video yang diunggah, Bender mengungkap kalau dia membiarkan putrinya yang masih berusia 8 bulan makan pasir dan menjilat troli belanja. Alasannya, hal itu dapat meningkatkan imunitas sang putri.

Pengakuan Bender tentu saja memicu perdebatan sengit di kolom komentar. Ia kemudian menunjukkan video anaknya, Fern, duduk di tepi danau memasukkan pasir dan batu ke dalam mulutnya. Bender mengatakan bahwa karena dia menyusui secara eksklusif dan ASI adalah "obat asli" yang membuat anaknya terlindungi dari penyakit.

"Saya percaya alam dan bayi saya, ASI ku ada untuk melindungi sementara mereka membangun sistem kekebalan mereka," kata Bender.

 

ASI Tak Cukup

Komentar bermunculan, sebagian besar menganggap langkah yang diambil Bender terlalu ekstrem. Pasalnya mash banyak cara aman untuk menjaga imunitas bayi, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Membiarkan anak menjilat troli yang dipegang banyak orang, tentunya sangat berbahaya saat pandemi. Lalu benarkah langkah ekstrem Bender efektif meningkatkan daya tahan tubuh bayi?

Penelitian memang menunjukkan bahwa ASI dapat mempengaruhi perkembangan sistem kekebalan bayi. "Studi menunjukkan bahwa bayi yang disusui mendapatkan lebih sedikit infeksi telinga, penyakit pernapasan bagian atas, dan gangguan pencernaan," kata Dyan Hes, MD, FAAP, seorang dokter anak dan direktur medis untuk Gramercy Pediatrics di New York

Menurut Hes, tetap saja anak-anak juga membutuhkan perlindungan antibodi yang tahan lama. Hanya karena bayi disusui bukan berarti mereka tidak bisa sakit, dan untuk alasan ini, dr. Hes memperingatkan orangtua agar tidak mendorong anak-anak mereka untuk menjilat apa pun yang mereka suka di taman bermain atau toko bahan makanan dan memakan pasir atau kotoran, yang mungkin mengandung parasit, cacing, atau pestisida.

"Bisa jadi bayi akan menangkap sesuatu atau menjilat sesuatu yang beracun," kata dr. Hes memperingatkan.

Laporan Radhika Nada/ Sumber: Parents

Menguak Peran Vital Bakteri Pada Imunitas Anak

Dream - Selama ini kita memandang bakteri sebagai pemicu penyakit pada anak. Selalu muncul di tempat yang kotor dan sebisa mungkin harus dihindari agar terhindar dari penyakit.

Tak semua bakteri bersifat negatif, ada bakteri yang justru sangat dibutuhkan anak sejak lahir ke dunia, yaitu bakteri baik dan termasuk probiotik. Paparan bakteri baik yang cukup sejak anak lahir akan membentuk sistem imunitasnya. Hal ini dimulai dari proses persalinan.

"Anak yang dilahirkan pervaginam atau melalui vagina ibu secara normal, mendapat bakteri baik saat melalui jalan lahir. Bakteri ini akan sangat baik bagi imunitasnya. Sementara bayi yang lahir secara caesar, dianjurkan melakukan inisiasi menyusui dini, diletakkan di dada ibu kemudian menjilati kulit, hal ini juga akan membuat anak mendapatkan bakteri baik," kata dr. Frieda Handayani, SpA(K).

Setelah itu, bayi mendapat asupan air susu ibu yang kandungan probiotiknya sangat tinggi. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup berupa bakteri atau jamur yang berada di sistem pencernaan manusia.

 

Sistem Imunitas

Probiotik berfungsi melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus. Anak yang memiliki level probiotik yang cukup, sistem imunitasnya akan berkembang optimal dan risiko alerginya jadi lebih rendah.

"Berbagai faktor dapat mempengaruhi perkembangan sistem imun pada bayi/anak, di antaranya adalah mikrobiota usus (saluran cerna). Sekitar 70– 80% sel imun terdapat di dalam usus sehingga mikrobiota saluran cerna berperan dalam perkembangan sistem imun alami dan didapat. Mikrobiota yang berperan adalah mikrobiota komensal (baik), bukan mikrobiota patogen (jahat),” ujar dr. Molly Dumakuri Oktarina, SpA(K).

Kurangnya probiotik daalam saluran cerna anak bukan hanya bisa menimbulkan masalah pada organ pencernaannya. Sistem imunitasnya juga bisa terganggu, jadi mudah sakit. Bisa juga menghambat perkembangan kognitif dan membuat anak jadi sangat rewel.

 

Asupan Kaya Probiotik

Asupan probiotik anak harus dipenuhi dengan baik melalui air susu ibu, bisa juga melalui makanan pendamping asi yang kaya probiotik seperti tempe, tahu atau yogurt. Pada anak yang kekurangan probiotik, orangtua sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak untuk mencari solusi.

Suplemen probiotik bisa jadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan probotik anak. Untuk pemberian suplemen ini, sebelumnya juga harus berkonsultasi dengan dokter. Kalbe memiliki produk suplemen probiotik yang bisa dijadikan pilihan, yaitu Liprolac Baby.

Mengandung probiotik Bifidobacterium animalis subsp. lactis. Tersedia dalam bentuk obat tetes (oral drops ), bebas laktosa, bebas gluten, tanpa rasa dan pengawet serta praktis karena tidak perlu disimpan di kulkas.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tak Terima Digugat Cerai, Suami Nekat Bakar Rumah Hingga Mertua Tewas
Tak Terima Digugat Cerai, Suami Nekat Bakar Rumah Hingga Mertua Tewas

Seorang pria nekat bakar rumah karena tak terima digugat cerai oleh istrinya.

Baca Selengkapnya
Momen Haru Anak Kecil Tiba-tiba Minta Gendong Karyawati Toko Sebelum Memeluknya dengan Erat, Kisah di Baliknya Bikin Mewek
Momen Haru Anak Kecil Tiba-tiba Minta Gendong Karyawati Toko Sebelum Memeluknya dengan Erat, Kisah di Baliknya Bikin Mewek

Gadis mungil itu seolah-olah melepaskan rindu kepada ibunya, dan tak mau lepas dari gendongan Siti.

Baca Selengkapnya
Bikin Geregetan! Terlalu Asyik Ngobrol Lewat Ponsel, Ibu Salah Masukkan Anak ke Dalam Kulkas, Baru Sadar Saat Suami Tanyakan Si Kecil
Bikin Geregetan! Terlalu Asyik Ngobrol Lewat Ponsel, Ibu Salah Masukkan Anak ke Dalam Kulkas, Baru Sadar Saat Suami Tanyakan Si Kecil

Sayangnya kecanduan menggunakan telepon pintar bisa membuat seorang ibu hampir membunuh anaknya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Istri Unggah Kebiasaan Suami yang Tak Biarkan Dirinya Keluar Rumah, Pintu Sampai Dikunci
Istri Unggah Kebiasaan Suami yang Tak Biarkan Dirinya Keluar Rumah, Pintu Sampai Dikunci

TikToker unggah kebiasaan suami mengunci dirinya di dalam rumah saat pergi bekerja. Warganet pun memberi beragam respon.

Baca Selengkapnya
Seorang Istri Layangkan Gugatan Cerai Karena Suaminya Jarang Mandi dan Bau Badan
Seorang Istri Layangkan Gugatan Cerai Karena Suaminya Jarang Mandi dan Bau Badan

Wanita di Turki mengajukan tuntutan cerai terhadap suaminya karena suaminya jarang menjaga kebersihan diri.

Baca Selengkapnya
Bikin 'Meleleh', Ayah Sigap Banget Kuncir Rambut Putrinya Saat Tunggu Kereta
Bikin 'Meleleh', Ayah Sigap Banget Kuncir Rambut Putrinya Saat Tunggu Kereta

Dengan hangat, sang ayah menyisiri rambut putrinya sambil berdiri.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! POV Kerja Hari Pertama
NOTED KAK! POV Kerja Hari Pertama

Sahabat Dream, kalian ada gak yang vermak CV biar diterima kerja? Nah, begini jadinya jika kamu berlebihan menulis profil.

Baca Selengkapnya