Gawat Janin Saat Persalinan, Apa Sebabnya?

Mengacu pada kondisi yang disebabkan oleh kejadian abnormal tertentu selama kehamilan dan kelahiran, dan membuat janin kekurangan oksigen.

Mutia Nugraheni
| 14 Oktober 2020 10:04

Dream - Kondisi gawat janin (fetal distres) tentunya memicu kepanikan pada ibu hamil. Pada banyak kondisi, saat janin dalam keadaan gawat ibu tak merasakan keluahan sama sekali.

Ibu sering baru menyadari ketika gerakan janin tak seaktif biasanya atau tak bergerak sama sekali. Gawat janin sendiri mengacu pada kondisi yang disebabkan oleh kejadian abnormal tertentu selama kehamilan dan kelahiran, dan membuat janin kekurangan oksigen.

Terjadi ketika suplai oksigen janin terganggu di dalam rahim, terutama selama persalinan, dan terkadang lebih awal bahkan di permulaan persalinan. Gawat janin ini cenderung terjadi pada kehamilan yang lama (pascapematangan), atau karena komplikasi lain yang berhubungan dengan kehamilan atau persalinan.

Selain itu penyebabnya juga cukup beragam. Seperti gangguan hipertensi atau preeklamsia, di mana level tekanan darah ibu sangat tinggi. Kondisi ini dapat mengubah fungsi plasenta dengan menghambat suplai oksigen dan nutrisi ke janin.

 

Selanjutnya :

Penyakit Ibu

Eksklusif! Nabilah Ayu Bawa Makan dari Rumah dan Wajib 3M

Jangan Lewatkan