Gangguan Perkembangan Bahasa Pada Anak Sering Tak Disadari

Ketahui gejala-gejalanya.

Mutia Nugraheni
| 19 Februari 2021 12:04

Dream - Bahasa jadi alat komunikasi utama kita sehari-hari. Pada anak yang mengalami masalah perkembangan bahasa, pasti akan sangat sulit berkomunikasi dengan orang di sekitarnya, termasuk para orangtua.

Developmental language disorder (DLD) ternyata gangguan paling umum yang mempengaruhi anak-anak tetapi relatif tidak diketahui. Mempengaruhi lebih dari tujuh persen anak-anak, DLD 20 kali lebih umum daripada autisme.

Sembilan puluh persen orang yang disurvei di negara-negara Eropa mengatakan mereka pernah mendengar tentang autisme, tetapi hanya 60 persen yang pernah mendengar tentang DLD, menurut sebuah studi yang akan datang di Journal of Communication Disorders oleh European Co-operation in Science and Technology Action IS1406, sebuah kolaborasi internasional tentang kesulitan belajar bahasa anak-anak. DLD paling sering ditemukan pada anak usia prasekolah akhir tetapi dapat diidentifikasi pada anak usia sekolah atau lebih.

" Identifikasi DLD didasarkan pada skor yang sangat rendah pada tes formal yang menargetkan berbagai aspek bahasa serta pengamatan terhadap kesulitan yang mencolok dalam menggunakan bahasa di berbagai tempat seperti rumah dan sekolah," ujar Elin Thordardottir, profesor di School of Communication Sciences and Disorders, McGill University, dikutip dari TodaysParent.

 

Selanjutnya :

Intervensi

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki

Jangan Lewatkan