Faktor Biologis yang Berperan Besar Pada Tumbuh Kembang Anak

Apa saja faktor biologis tersebut?

Mutia Nugraheni
| 7 November 2020 10:19

Dream - Perkembangan anak usia dini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor biologis dan lingkungan. Faktor biologis memainkan peran yang sangat penting dalam perkembangan awal. Faktor-faktor ini mempengaruhi seorang anak baik secara positif maupun negatif.

Apek biologis dapat mempengaruhi anak-anak sepanjang tumbuh kembangnya, terutama selama masa kritis seperti periode prenatal (di dalam kandungan) dan masa kanak-kanak. Penelitian yang dilakukan di Rutgers University menunjukkan bahwa faktor prenatal mempengaruhi perkembangan linguistik dan faktor postnatal berkontribusi pada perkembangan kognitif anak.

Masa postnatal adalah masa di mana manusia sudah dilahirkan sampai tua. Untuk perkembangan motorik kasar secara luas dianggap sebagai hasil dari faktor biologis bawaan, dengan faktor postnatal berkontribusi pada tingkat yang lebih rendah.

" Faktor biologis meliputi pengaruh genetik, kimia otak, kadar hormon, nutrisi, dan jenis kelamin," kata Sarah Rahal, seorang dokter anak dikutip dari VeryWell.

Selanjutnya :

Nutrisi

Pengalaman Puasa Pertama DJ Katty Butterfly

Jangan Lewatkan