Fakta Soal Antibodi Anak yang Sudah Sembuh dari Covid-19

Anak tetap berisiko terkena Covid-19 lagi meski ia sudah sembuh.

Mutia Nugraheni
| 16 Januari 2022 10:28

Dream - Varian Covid-19 Omicron saat ini mendominasi penularan di banyak negara, seperti Amerika Serikat, dan Inggris. Orang dewasa, sudah mendapat vaksinasi Covid-19 sejak beberapa bulan lalu.

Sementara anak-anak, program vaksinasi Covid-19 masih dalam proses untuk perlindungan maksimal. Lantas bagaimana antibodi pada anak yang sudah terpapar Covid-19 dan sembuh?

" Ini adalah pertanyaan yang bagus. Sayangnya, untuk menjawab cukup rumit," ujar Bayo Curry-Winchell, MD, Direktur Klinis Regional di Carbon Health, dikutip dari PopSugar.

Dokter Curry-Winchell menjelaskan bahwa ketika terinfeksi Covid-19 atau virus apa pun, sistem kekebalan tubuh akan membuat antibodi khusus untuk melawannya. Saat kita memiliki antibodi terhadap penyakit tertentu, maka ini akan jadi semacam pelindung.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), risiko infeksi ulang rendah setidaknya selama enam bulan pertama setelah infeksi virus. Sayangnya, penelitian terbaru tentang antibodi pada anak-anak mengungkapkan perbedaan yang mencolok dengan orang dewasa.

 

Selanjutnya :

Varian Omicron

Intip Cerita Keseruan Juara DIW 2022 Part 1

Jangan Lewatkan