Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ereksi Tak Mereda, Bisa Jadi Gangguan Priapismus

Ereksi Tak Mereda, Bisa Jadi Gangguan Priapismus Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Sebagian besar pria menginginkan ereksi lebih lama. Tentu saja demi memuaskan diri dan pasangannya. Bagaimana jika kondisi ereksi malah terlalu lama hingga berjam-jam? Tentunya sangat tidak nyaman dan menyakitkan.

Hal tersebut dikenal dengan istilah priapismus. Dikutip dari KlikDokter.com, priapismus merupakan ereksi penis yang terus menerus dan berkepanjangan hingga beberapa jam setelahnya.

Hasrat seksual tersebut tidak dipicu oleh rangsangan seksual tertentu. Masalah ini sering menyerang pria berusia 30-an, punya kondisi kesehatan tertentu, atau konsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol.

Pada penderita priapismus, darah yang mengisi penis agar terjadi ereksi tak bisa mengalir keluar. Hal ini akan menimbulkan nyeri hebat pada pria. Ereksi berkelanjutan tersebut bisa merusak penis serta menyebabkan disfungsi ereksi yang permanen.

Priapismus harus ditangani segera dan tepat guna mencegah kerusakan jaringan. Jika kerusakan telanjur terjadi, masalah ini bisa menyebabkan ketidakmampuan untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi.

 

 

Penyebab Priapismus

1. Kelainan Darah
Penyakit terkait kelainan darah mungkin berkontribusi pada terjadinya priapismus, biasanya jenis priapismus iskemik. Yakni, priapismus yang terjadi akibat terjebaknya darah di organ penis seusai ereksi. Kelainan darah tersebut, meliputi anemia sel sabit, leukemia atau masalah kelainan darah lain.

2. Akibat Pengobatan
Jenis pengobatan tertentu juga dapat menyebabkan priapismus iskemik. Sejumlah pengobatan yang dimaksud antara lain obat yang disuntik langsung ke area penis untuk mengatasi disfungsi ereksi, misalnya alprostadil, phentolamine, papaverine, dan lainnya.

Konsumsi obat antidepresan, alpha blocker, dan obat untuk masalah kecemasan. Bisa juga karena konsumsi obat pengencer darah atau obat hormon.

3. Cedera
Cedera atau trauma juga bisa menyebabkan priapismus tipe noniskemik. Yaitu, saat aliran darah di area penis tak terkendali. Beberapa contoh trauma penyebab priapismus noniskemik adalah cedera di penis, panggul, serta daerah antara pangkal penis dan anus.

Bila ereksi terjadi lebih dari 4 jam, jangan tunda untuk mendatangi fasilitas kesehatan atau rumah sakit terdekat. Penjelasan selengkapnya baca di sini.

#DreamTestPack, Dokter Ungkap Fakta Soal 'Sperma Encer'

Dream - Masalah kesuburan bukan hanya dialami oleh kaum perempuan. Para pria juga bisa mengalaminya. Salah satu masalah yang kerap mengundang rasa penasaran dan pertanyaan adalah soal kondisi sperma yang encer.

Seperti salah satu pertanyaan dalam program konsultasi kesuburan #DreamTestPack. Pertanyaan tersebut berisi seputar kondisi sperma pasangan yang dirasa encer dan dianggap bisa menghambat kehamilan.

Dokter Upik Anggraheni P. SpOG, Konsultan Fertilitas dari RS Pondok Indah IVF Center memberikan penjelasan. Menurutnya, dalam istilah medis tak ada ada sperma encer. Kualitas sperma hanya bisa diketahui dari pemeriksaan analisa sperma di laboratorium

"Sperma encer itu adalah bahasa awam, mungkin didefinisikan sebagai sperma yang jumlahnya kurang atau pergerakannya kurang atau bentuk normalnya kurang. Sperma encernya harus diketahui secara pasti lebih dahulu maksudnya apa. Apakah jumlahnya, pergerakannya atau bentuknya, semua itu hanya bisa dilihat dengan analisa sperma," ujar dr. Upik.

 

 

Analisa Sperma

Pada pasangan yang sedang menantikan buah hati dan ingin menjalani program hamil, penting untuk melakukan pemeriksaan kesuburan. Pemeriksaan ini salah satunya adalah analisa sperma. Calon ayah diminta untuk mengeluarkan sperma yang bakal dianalisa jumlahnya, bentuk dan pergerakannya.

Hindari melakukan kesimpulan sendiri terkait kondisi sperma. Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter spesialis kesuburan untuk mengetahuinya.

"Ada juga pasien yang selalu berpikir sperma suaminya konsistensinya tidak kental sehingga dikatakan encer padahal itu tidak membuktikan kesehatan sperma secara objektif. Dari analisis sperma, akan didapatkan jumlah, bentuk dan pergerakannya. Setelah itu dokter akan mengevaluasi masalahnya," ungkap dr. Upik

 

Lihat penjelasan dr. Upik selengkapnya soal sperma encer

      View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

 

Punya pertanyaan seputar kesuburan? Isi saja formulir ini, nantinya para dokter pakar kesuburan akan menjawab pertanyaan kamu di Instagram @Dreamcoid

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Waduh! Belum Hilang Efek Bius, Pria ini Malah Sebut Nama Mantan Depan Istrinya

Waduh! Belum Hilang Efek Bius, Pria ini Malah Sebut Nama Mantan Depan Istrinya

Pria ini malah ingat mantan selepas operasi, pas sadar ketar-ketir.

Baca Selengkapnya
Kenali Narsistik Terselubung, Gejala Mental yang Sering Terjadi namun Jarang Diketahui

Kenali Narsistik Terselubung, Gejala Mental yang Sering Terjadi namun Jarang Diketahui

Kenali gejala-gejala narsistik terselubung agar terhindar. Yuk, simak lebih lengkap!

Baca Selengkapnya
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

Banyak yang tak sadar bahwa petir sebenarnya muncul dalam berbagai macam warna. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Selengkapnya
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya
Ngeri! Tahan Bersin dengan Menutup Hidung dan Mulutnya, Tenggorokan Pria Ini Sobek 2 Milimeter

Ngeri! Tahan Bersin dengan Menutup Hidung dan Mulutnya, Tenggorokan Pria Ini Sobek 2 Milimeter

Saat ingin bersin, dia menahannya dengan menutup hidung dan mulutnya. Akibatnya, dia mengalami sobekan pada saluran napasnya.

Baca Selengkapnya
Psikiater Beri Pesan Khusus Biar Mental Tetap Sehat di Era Pemilu

Psikiater Beri Pesan Khusus Biar Mental Tetap Sehat di Era Pemilu

Suasana politik dan sosial tak dipungkiri mungkin sedikit 'memanas' dan tanpa disadari bikin stres.

Baca Selengkapnya