Endometriosis, Si Penyebab Nyeri Hebat Saat Menstruasi

Tak boleh dianggap sepele.

Mutia Nugraheni
| 27 April 2021 18:05

Dream - Periode menstruasi memang terasa tidak nyaman bagi wanita. Namun, bagi sebagian wanita, periode menstruasi tak hanya terasa tidak nyaman saja, tapi juga sangat menyiksa karena rasa nyeri dahsyatnya. Apa penyebabnya? Bagaimana penanganannya?

Nyeri haid adalah nyeri atau kram di area perut yang dialami pada saat menjelang atau selama haid. Sebagian besar nyeri haid disebabkan oleh otot-otot rahim yang berkontraksi.

" Nyeri haid dikatakan tidak normal apabila nyeri haid bertambah berat kemudian menyebabkan seorang wanita tidak dapat beraktivitas normal, atau nyeri tidak membaik bahkan setelah seorang wanita mengonsumsi obat nyeri," kata dr. Moh. Luky Satria, Sp.OG-KFER, yang praktik di Rumah Sakit Pondok Indah, dalam siaran persnya.

Nyeri haid yang tidak normal ini sering disebabkan oleh endometriosis. Endometriosis adalah jaringan yang membentuk lapisan dalam rahim juga tumbuh di luar rahim. Kondisi ini dapat tumbuh pada organ lain di dalam panggul atau perut, dan dapat menyebabkan perdarahan, infeksi, dan nyeri panggul.

 

Selanjutnya :

Nyeri Hebat

Giv Hijab Bagi-Bagi THR

Jangan Lewatkan