Efek Dahsyat Penundaan Pemotongan Tali Pusat Bayi

Penelitian dilakukan dengan melibatkan 3.000 bayi dari seluruh dunia.

Mutia Nugraheni
| 22 November 2017 10:04

Dream - Setelah bayi berhasil keluar dari rahim, para dokter maupun bidan biasanya langsung melakukan pemotongan tali pusat. Bayi kemudian dibersihkan, dibalut selimut, kemudian ditaruh di perut dan dada ibu untuk melakukan inisiasi menyusui dini (IMD).

Ternyata sebenarnya, menurut penelitian yang dilakukan tim dari University of Sydney, ada cara yang lebih baik terkait waktu pemotongan tali pusat bayi. Sebaiknya tali pusat dipotong setelah 1 menit atau 60 detik bayi lahir.

Penelitian dilakukan dengan melibatkan 3.000 bayi dari seluruh dunia dalam 18 kali percobaan klinis. Dari penelitian diketahui kalau penundaan pemotongan tali pusat mampu mengurangi risiko kematian pada bayi prematur.

" Bayi memiliki lebih banyak waktu untuk beradaptasi ketika lahir atau bisa jadi karena tali pusat mampu mempengaruhi daya tahan bayi terhadap infeksi dengan adanya penambahan sel darah putih," ujar Jonathon Morris, profesor dari University of Sydney, salah satu peneliti seperti dikutip dari KidSpot.

Ia juga mengatakan bahwa bayi pada umumnya baru dapat bernapas dengan sendirinya setelah 60 detik. Dengan menunda pemotongan tali pusat, bayi akan terhindar dari berbagai risiko
bahaya.

Pada umumnya, rumah sakit melakukan prosedur pemotongan tali pusat langsung setelah bayi dilahirkan. Ini artinya, bayi melewatkan sekitar 80-100 mililiter darah yang masih tersisa di
dalam plasenta. Apabila bayi diletakan di atas pusar sang ibu selama dua atau tiga menit tanpa memutus tali pusat, mereka dapat menerima darah dan sel imun sebanyak lebih dari 32%.

Dengan melakukan penundaan pemotongan tali pusat, bayi akan terhindar dari anemia, pendarahan otak dan infeksi akut. Pada usia empat bulan, bayi juga akan memiliki kadar zat besi lebih tinggi. Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization /WHO) sebenarnya juga merekomendasikan untuk menunda hingga 1 menit pemotongan tali pusat bayi.

 

Streaming [Teaser] Exclusive Interview with Jamie Foxx & Joseph Gordon - Levitt di Film PROJECT POWER Netflix

Jangan Lewatkan