Dukungan Ayah Jadi Penentu Kesuksesan Menyusui

Dukungan yang paling dibutuhkan ibu tentunya berasal dari orang terdekat, yaitu ayah.

Mutia Nugraheni
| 2 Agustus 2019 08:06

Dream - Air Susu Ibu (ASI) merupakan kebutuhan utama bagi bayi baru lahir. ASI, bisa memenuhi nutrisi bayi terutama selama di 6 bulan pertama kehidupannya. Penting diketahui, meskipun proses alami tapi dibutuhkan dukungan banyak pihak agar ibu bisa memberikan ASI hingga 2 tahun.

Dukungan yang paling dibutuhkan ibu tentunya berasal dari orang terdekat, yaitu ayah. Sayangnya, saat ini sebagian besar orang beranggapan menyususi adalah tugas ibu. Ayah tak perlu terlibat dan tidak bisa.

Padahal sebaliknya, ayah justru jadi penentu keberhasilan menyusui ibu. Adakalanya ibu, mengalami penurunan produksi dan kualitas ASI, hal ini disebabkan faktor stres atau kelelahan. Dalam kondisi ini, ayah lah yang harus turun tangan.

" Ayah itu penting banget membuat ibu mendapat happy hormone, membuat ibu merasa rileks. Pada khirnya hormon bahagia berkontribusi untuk memacu hormon prolaktin yaitu hormon pelancar ASI," kata dr. Ameetha konselor laktasi dalam talkshow bersama Lactaboost di Jakarta, 1 Agustus 2019.

Selanjutnya :

Penting Dilakukan Ayah

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen

Jangan Lewatkan