Duh, Ada Kabar Buruk Bagi Ibu Hamil yang Suka Ngopi

Siap mendengarkan para ibu hamil?

Mutia Nugraheni
| 13 Februari 2021 10:30

Psikologis Ibu Juga Berperan

Selama kehamilan, tubuh menghasilkan lebih banyak darah. Ini karena rahim dan organ vital membutuhkan lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan janin. Peningkatan volume darah seperti itu juga melebarkan pembuluh darah ibu, membuat kulit ibu merah dan bercahaya.

"Perubahan kadar hormon juga bisa menyebabkan kelenjar kulit di wajah mengeluarkan lebih banyak minyak (sebum). Hal ini bisa membuat kulit terlihat sedikit lebih berkilau," kata Butler.

Sayangnya, faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kilau kehamilan dapat memiliki sisi negatif. Kadar hormon yang berfluktuasi selama kehamilan bisa membuat ibu hamil jadi lebih rentan berjerawat.

Dikombinasikan dengan peningkatan aliran darah dan perubahan hormonal, peregangan kulit juga dapat membuat kulit lebih bersinar selama kehamilan. Biasanya kondisi ini ketika kehamilan di trimester kedua.

Saat mual sudah mereda, ibu lebih nyaman dan mulai menikmati momen kehamilannya. Ibu juga lebih stabil secara psikologis dan ini terlihat dari luar.

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan