#DreamTestPack, Endometriosis Berdampak Negatif Pada Kesuburan?

Cari tahu jawabannya lewat bincang-bincang bersama Dr. Moh. Luky Satria Syahbana Marwanli, Sp. OG-KFER dari RS Pondok Indah IVF Center.

Shania Suha Marwan
| 22 Juni 2021 10:05

Dream - Setiap bulannya kaum hawa akan melewati siklus haid. Siklus haid yang tidak teratur, dan nyeri haid ternyata dapat menjadi pertanda seorang perempuan memiliki masalah endometriosis

Salah satu gejala yang sangat khas dari endometriosis adalah adanya keluhan nyeri haid yang sangat parah hingga mengganggu aktivitas. Misalnya, nyeri sampai tak bisa turun dari tempat tidur saat haid.

Keluhan nyeri haid ini kerap dianggap sebagai hal yang wajar dan membuat penderitanya merasa tidak perlu memeriksakan ke dokter. Padahal kondisi harus mendapat perawatan intensif, terutama jika berencana untuk memiliki keturunan dalam waktu dekat.

Endometriosis terjadi ketika jaringan endometrium di luar rahim ikut menebal, tetapi tidak dapat luruh dan keluar dari tubuh. Pada beberapa kasus hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan masalah kesuburan.

“ Lapisan dinding rahim kan tiap bulan bertumbuh, lalu akan luruh saat siklus menstruasi. Nah kalau lapisan dinding rahim tadi tumbuh tidak pada tempatnya, itulah yang disebut dengan endometriosis,” kata Dr. Moh. Luky Satria Syahbana Marwanli, Sp. OG-KFER, dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas, endokrinologi dan reproduksi RS Pondok Indah IVF Center, dalam Ngobras Dream, 18 Juni 2021.

Selanjutnya :

LIhat Videonya

Live Streaming Virtual Daihatsu Festival

Jangan Lewatkan