Dokter Ungkap Fakta Unik Soal Sel Telur yang Bisa Dibekukan

Cari tahu faktanya.

Mutia Nugraheni
| 20 Januari 2022 12:05

Dream - Sel telur yang sehat sangat dipengaruhi banyak hal dan berperan krusial dalam kehamilan. Organ yang memproduksinya adalah ovarium atau indung telur.

Dikutip dari KlikDokter.com, setiap wanita memiliki dua ovarium, yang berada di sisi kiri dan kanan rahim.

Dalam organ itulah sel-sel. Setiap bulannya, sejumlah sel telur akan berkembang dan hanya satu atau dua yang matang. Sel yang sudah matang kemudian dilepaskan dari ovarium (ovulasi).

Dokter Benediktus A,MPH,Sp.OG(K), yang praktik di Morula IVF Surabaya mengungkap fakta unik seputar sel telur yang tak diketahui banyak orang lewat akun Instagramnya @drbennyarifin. Menurutnya, sel telur termasuk sel dalam tubuh manusia yang berukuran besar.

 Dokter Benny Arifin

dr. Benny/ Foto: Instagram @bennyarifin

" Sel telur termasuk salah satu sel terbesar di tubuh manusia. Dibutuhkan 10.000 hingga 15.000 sel sperma untuk menyamai ukuran sel telur," tulis dr. Benny, sapaan akrabnya..

Untuk jumlahnya, saat dalam masa puber seorang wanita memiliki 400 ribu sel telur. Lalu saat haid (satu kali ovulasi), sekitar 1.00 telur hilang.

" Rata-rata umumnya wanita akan bisa 400 kali ovulasi selama usia reproduksinya," ungkap dr Benny.

Ia juga mengingatkan kalau sel telur yang sudah matang ini hanya akan menunggu sel sperma untuk membuahi selama 24 jam saja di masa subur.

" Sel telur akan nungguin sel sperma sekitar 24 jam saja di saluran telur pada masa subur, jadi yang sedang program hamil alami jangan kelewatan waktunya ya," pesan dr. Benny.

 

Selanjutnya :

Pembekuan Sel Telur

BERANI BERUBAH: Kostum Robot dari Hobi Jadi Rezeki - Berani Berubah

Jangan Lewatkan