Dokter Peringatkan Mainan Water Beads Sering Berujung IGD

Pastikan selalu mengawasi anak-anak saat memainkannya.

Mutia Nugraheni
| 27 Oktober 2021 12:08

Dream - Water beads atau hydrogel termasuk mainan sensori yang sangat disukai anak-anak. Warnanya yang beragam dan teksturnya yang lembut, membuat anak-anak selalu penasaran.

Bukan hanya dipegang dan dimainkan, tapi juga dimasukkan ke mulut hingga tertelan. Ariani Dewi Widodo, seorang dokter spesialis anak di RSAB Harapan Kita, bercerita seputar pengalamannya menangani kasus anak yang menelan mainan tersebut.

" Hampir setiap minggu adaaa saja lho Moms anak yang dibawa ke IGD atau poli karena tertelan hydrogel. Memang sih hydrogel/water beads warnanya cerah dan sangat ideal digunakan untuk sensory play: menghitung, menuang, belajar tekstur, ukuran... bahannya juga aman, polimer non toksik. Tapi ada bahaya tersedak dan bahaya tertelan, terutama pada batita," tulis dr. Ariani, dikutip dari akun Instagramnya @dr.ariani.

Ia memperingatkan kalau hydrogel ini bisa membesar saat terkena air. Awalnya berdiameter 1-15 mm, tapi bisa mencapai 6 cm saat menyerap air.

" Kebayang nggak kalau water beads ini mengembang di usus anak kita yang mungil bisa menyebabkan penyumbatan berat pada usus," ungkapnya.

Untuk itu dr. Ariani memperingatkan orangtua agar selalu mengawasi dan mendampingi saat anak-anaknya bermain water beads atau hydrogel. Terutama pada anak balita yang masih suka memasukkan apapun ke dalam mulutny.

" Saat bermain anak harus selalu ditemani dan diperhatikan. Mainkan waterbeads dalam keadaan mengembang. Saat menyusut harus disimpan baik-baik dalam wadah tertutup, jauh dari jangkauan anak," pesan dr. Ariani.

Selanjutnya :

Bermunculan Kluster Covid-19 di Sekolah, Dokter Beri Kritikan Pedas

Vonis 4,5 Tahun Penjara, Gaga Muhammad Trending di Twitter

Jangan Lewatkan