Dokter Peringatkan Bahaya Mata Buram Saat Hamil, Ini Alasannya

Segeralah berkonsultasi jika muncul keluhan mata buram meski sudah memakai kacamata.

Mutia Nugraheni
| 11 Januari 2019 12:08

Dream - Keluhan selama kehamilan kerap dianggap hal biasa yang memang harus dihadapi para ibu. Seperti mual dan pusing di awal kehamilan. Lalu memasuki trimester terakhir, kaki akan membengkak, sakit pinggang serta kesemutan.

Keluhan tersebut memang akan hilang dengan sendirinya setelah persalinan. Namun ada satu keluhan yang patut diwaspadai dan harus dikonsultasikan baik dengan dokter mata atau pun dokter kandungan, yaitu buramnya penglihatan.

Dokter Ferdiriva Hamzah, seorang spesialis mata yang berpraktik di Jakarta Eye Center, membagi pengalamannya saat memeriksa pasiennya yang sedang hamil 7 bulan. Sang pasien mengeluhkan penglihatannya buram saat hamil.

" Kacamata tidak membantu. Saat ditanya apakah ada keluhan lain, pasien mengatakan biasa aja hanya kaki agak bengkak. Semakin curiga saya. Langsung saya anjurkan ke dokter kandungannya segera," tulis dr. Riva di akun Twitternya.

Saat diperiksa dokter kandungan, ternyata kadar protein di urin ibu tersebut sangat tinggi. Ia terkena preeklamsia atau tekanan darah tinggi. Kehamilannya pun terpaksa diakhiri demi menyelamatkan nyawa sang ibu.

 

Dokter Riva pun memperingatkan para ibu hamil, untuk jangan menyepelekan keluhan buram di kedua mata. Terutama jika disertai keluhan lain seperti bengkak pada kaki, tangan, wajah, serta sakit kepala hebat. Berkonsultasilah segera dengan dokter kandungan.

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi

Jangan Lewatkan