Dokter Anak Bagikan Trik Agar Si Kecil Terbiasa Pakai Masker

Jika terpaksa keluar rumah, pastikan anak mengenakan masker.

Mutia Nugraheni
| 11 Oktober 2020 10:35

Jelaskan Fungsi Masker

Anak-anak, menurut Erin, pada dasarnya cukup tangguh asalkan didampingi dengan baik menghadapi situasi yang kerap membuatnya cemas. Ceritakan pada anak kalau masker seperti 'senjata pelindung', bukan hal yang menakutkan.

"Anak-anak harus diajari untuk memahami bahwa topeng tidak menghilangkan ekspresi kasih sayang. Pada usia yang lebih muda, anak-anak mungkin tak bisa melihat ekspresi wajah lawan bicaranya. Nah, orangtua dapat membantu mereka memahami konsep ini dengan mengenakan dan melepas masker sambil menunjukkan beragam ekspresi emosi," kata Mueller.

Bisa juga membiasakan anak meperhatikan nada suara, gerakan mata dan alis, gerakan tangan dan postur tubuh. Hal ini bisa dilakukan permainan menebak emosi menggunakan masker.

“Misalnya ibu atau ayah mengenakan masker dan menampilkan ragam emosi, seperti penuh semangat, gembira, sedih, marah dan minta anak untuk menebaknya. Dengan begitu anak tidak menjadi pribadi yang dingin dan kaku dan bisa menangkap emosi orang lain meskipun di balik masker," kata Mueller.

Selanjutnya :

Menguak Dampak Pandemi Covid-19 Pada Mental Buah Hati

Sekolah di Mobil WiFi

Jangan Lewatkan