Dokter Anak Bagikan Trik Agar Si Kecil Terbiasa Pakai Masker

Jika terpaksa keluar rumah, pastikan anak mengenakan masker.

Mutia Nugraheni
| 11 Oktober 2020 10:35

Dream - Mengenakan masker saat keluar rumah dalam situasi pandemi hukumnya adalah wajib. Bukan hanya pada orang dewasa tapi juga anak-anak di atas usia 2 tahun. Pada kondisi sekarang, bermain di rumah saja adalah yang paling aman.

Jika terpaksa keluar rumah, pastikan anak mengenakan masker. Tak mudah memang membuat si kecil tetap menggunakan masker. Untuk itu perlu dilatih, dibiasakan dan jelaskan secara detail alasan ia harus mengenakan masker.

Cynthia Rindang, dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Pondok Indah, memberikan trik agar anak tak menolak dan terbiasa memakai masker. Menurut dr. Cynthia, membuat anak selalu pakai masker di luar rumah memang tak mudah.

" Kalau orangtua datang, selalu tanya, bagaimana sih ngajarin anak pakai masker. Kita perlu membiasakan, anak-anak gak bisa dadakan. Jadi, yang paling penting latihan dulu, buat waktu tertentu," kata dr Cynthia, dalam webinar RSPI Jakarta.

Ia menyarankan tak tiba-tiba sebelum pergi memaksa anak memakai masker. Pada anak di bawah usia 5 tahun bisa dijelaskan dengan bahasa yang dimengerti, alasan mereka harus kenakan masker. Misalnya, ada virus jahat jadi masker seperti seperti senjata untuk menangkalnya.

" Bisa juga libatkan anak saat memilih masker, kan banyak tu sekarang masker untuk anak gambarnya lucu-lucu. Nah biasanya anak senang," kata dr. Cynthia.

 

Selanjutnya :

Tunjukkan Gambar

Begini Cara Sekolah Tatap Muka di Banyumas

Jangan Lewatkan