Deretan Penyebab Jadwal Haid Berantakan Saat Pakai Kontrasepsi

Haid tidak teratur saat pakai kontrasepsi bisa juga karena banyak faktor.

Mutia Nugraheni
| 6 Mei 2022 08:12

Dream - Penggunaan alat kontrasepsi jadi solusi bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan. Jenisnya pun cukup beragam, mulai dari pil, patch, suntik, hingga IUD.

Beberapa jenis kontrasepsi memang bekerja dengan mengubah kadar hormon tubuh. Hal ini membuat salah satu efeknya adalah haid jadi tertunda atau jadwalnya tak teratur.

" Menstruasi mungkin akan kembali teratur setelah menghentikan asupan pil oral. Terkadang, beberapa faktor lain dapat menyebabkan tidak terjadinya menstruasi," kata dr. Karla S. Sanchez-Banos, seorang dokter Obgyn, dikutip dari MomJunction.

Haid tidak teratur saat pakai kontrasepsi bisa juga karena banyak faktor. Bisa karena ada masalah kesehatan, stres dan faktor lain. Berikut beberapa di antaranya.

Stres
Peningkatan stres dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan bahkan tak haid selama beberapa bulan. Stres memiliki dampak buruk pada ovarium. Hipotalamus mengontrol fungsi ovarium melalui kelenjar pituitari.

" Stres dapat mengganggu fungsi hipotalamus. Disregulasi ini dapat membuat kadar hormon berantakan sehingga siklus haid jadi sangat berantakan," ujar dr. Karla.

 

 

Selanjutnya :

Bisa Juga karena Hal Ini

Dream Camp 2022 - Meningkatkan Self Confidence Dalam Keseharian Berhijab

Jangan Lewatkan