Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Deretan Penyebab Jadwal Haid Berantakan Saat Pakai Kontrasepsi

Deretan Penyebab Jadwal Haid Berantakan Saat Pakai Kontrasepsi Jadwal Haid Berantakan

Dream - Penggunaan alat kontrasepsi jadi solusi bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan. Jenisnya pun cukup beragam, mulai dari pil, patch, suntik, hingga IUD.

Beberapa jenis kontrasepsi memang bekerja dengan mengubah kadar hormon tubuh. Hal ini membuat salah satu efeknya adalah haid jadi tertunda atau jadwalnya tak teratur.

"Menstruasi mungkin akan kembali teratur setelah menghentikan asupan pil oral. Terkadang, beberapa faktor lain dapat menyebabkan tidak terjadinya menstruasi," kata dr. Karla S. Sanchez-Banos, seorang dokter Obgyn, dikutip dari MomJunction.

Haid tidak teratur saat pakai kontrasepsi bisa juga karena banyak faktor. Bisa karena ada masalah kesehatan, stres dan faktor lain. Berikut beberapa di antaranya.

Stres
Peningkatan stres dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan bahkan tak haid selama beberapa bulan. Stres memiliki dampak buruk pada ovarium. Hipotalamus mengontrol fungsi ovarium melalui kelenjar pituitari.

"Stres dapat mengganggu fungsi hipotalamus. Disregulasi ini dapat membuat kadar hormon berantakan sehingga siklus haid jadi sangat berantakan," ujar dr. Karla.

 

 

Bisa Juga karena Hal Ini

Perubahan pola makan
Perubahan pola makan yang tiba-tiba dapat memengaruhi siklus menstruasi. Anoreksia dan bulimia bisa mengurangi produksi hormon tertentu dalam tubuh. Ketidakseimbangan ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan periode menstruasi yang tertunda atau tidak adanya menstruasi.

Olahraga Intensif
Latihan beban, olahraga terus menerus juga dapat membuat menstruasi tidak teratur. Bisa karena penurunan asupan kalori atau pengeluaran energi yang berlebihan.

Tubuh mungkin memasuki mode "kelaparan" dan menganggapnya perlu untuk menjaga agar organ-organ vital berfungsi dengan baik. Itulah karena menstruasi mungkin bukan prioritas, tubuh pun seperti menunda siklus menstruasi.

Penggunaan alat kontrasepsi secara terus-menerus
Pil KB mencegah tubuh mempersiapkan hormon terkait kehamilan dan menstruasi. Jika telah menggunakan pil KB atau telah menggunakan metode lainnya, mungkin diperlukan beberapa minggu atau bahkan bulan bagi hormon tubuh agar siklus menstruasi kembali normal.

 

Kontrasepsi Spiral Bisa Picu Jerawat? Cari Tahu Faktanya

Dream – Alat kontrasepsi yang tersedia di pasaran sangat beragam. Salah satu yang cukup efektif, praktis dan tahan lama adalah IUD (intra uterine device) atau lebih populer disebut spiral.

Penggunaannya cukup sekali, tapi bisa bekerja hingga 5 tahun. Efektivitasnya pun cukup tinggi. Sayangnya, beberapa orang menghindari kontrasepsi ini karena menganggap bisa memicu jerawat parah. Benarkah demikian?

"Faktanya, ketika memeriksa semua pil kontrasepsi, patch, dan IUD, secara keseluruhan risiko memiliki jerawat sangat rendah,” ujar Lauren Demosthenes, MD, seorang spesialis kandungan, dikutip dari Byrdie.

Dalam beberapa kasus, beberapa wanita yang beralih dari kontrasepsi oral kombinasi ke KB Spiral mungkin mengalami peningkatan jerawat. Hal ini karena menghentikan pil bukan akibat penggunaan KB Spiral.

“Bagi sebagian orang, kontrasepsi spiral memang menyebabkan jerawat. Itu karena melepaskan hormon yang disebut progestin, fungsinya mencegah ovulasi pada wanita dan mengubah kondisi rahim untuk mencegah kehamilan,” kata Lauren.

Secara tidak langsung, progestin dapat menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

 

Bisakah KB Spiral Tembaga/Non-Hormonal Menyebabkan Jerawat?

Jawabannya, bukan tentang jenis IUD yang berpotensi menyebabkan jerawat, melainkan tentang tindakan peralihan terutama jika seseorang beralih dari kontrasepsi oral.

“IUD tembaga saja tidak diketahui menyebabkan jerawat karena tidak melepaskan hormone. Tetapi, beberapa orang memiliki jerawat setelah beralih dari pil KB ke IUD tembaga,” kata Lauren.

Ia menambahkan, banyak pil KB mengandung progestin dan estrogen yang secara bersamaan menekan jerawat dengan menurunkan kadar testosteron. Kesimpulannya, selain dari waktu transisi atau peralihan, KB Spiral tembaga cenderung tidak menyebabkan jerawat daripada jenis kontrasepsi lain.

Untuk indikasi jerawat karena KB spiral bisa melihat lokasi dan tingkat keparahan jerawat. Jerawat akibat IUD cenderung berada di sekitar area dagu dan rahang. Indikator lain adalah ketika seseorang tidak memiliki riwayat berjerawat parah namun setelah mendapatkan IUD jadi timbul jerawat.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

Pakai Kontrasepsi Spiral Bisa Sebabkan Haid Tak Teratur?

Dream - Alat kontrasepsi jenis IUD (intrauterine device/ alat kontrasepsi dalam rahim) jadi pilihan banyak perempuan karena cukup praktis dalam mengontrol kehamilan. Bisa bertahan selama lima sampai sepuluh tahun dan setelah dimasukkan.

Memang dibutuhkan kontrol satu tahun sekali, tapi dibanding kontrasepsi lain, efektivitas dan kepraktisannya cukup baik. Ada kelebihan, tentu juga ada kekurangan. Ada satu efek yang harus diwaspadai jika Sahabat Dream termasuk pemakai IUD.

Jika menggunakan IUD tembaga, siklus mungkin tetap teratur, meskipun menstruasi Anda mungkin menjadi lebih berat atau lebih lama. Tetapi dengan IUD hormonal mungkin ada beberapa perubahan siklus pada menstruasi.

"Beberapa ada yang mengeluhkan tidak haid selama beberapa waktu, namun yang lain juga mengeluhkan menjadi sedikit tidak teratur dan tak terduga. Bisa juga pendarahan tidak teratur karena hormonal dan itu memang sudah diperkirakan," kata Nichole Butler, MD, FACOG, seorang dokter obstetri dan ginekologi di Women's Health Center di Weiss Memorial Hospital, dikutip dari PopSugar.

 

Butuh Pemeriksaan Lebih Lanjut

Haid tidak teratur memang kondisi normal jika menggunakan IUD hormonal, tetapi biasanya ini bersifat sementara. Bila terus berlanjut setelah pemakaian selama empat hingga enam bulan, jangan ragu untuk segera konsultasi dengan dokter.

"Sulit untuk membedakan antara bercak normal dan menstruasi yang benar-benar tidak teratur. Kita akan mulai dengan melihat kalender untuk menentukan apa yang normal dan abnormal dari siklus mereka untuk mengetahui lebih lanjut butuh pemeriksaan detail," kata Butler.

Untuk itu jangan sepelekan haid yang tak teratur setelah pemakaian IUD. Bisa jadi ada masalah atau mungkin dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Konsultasi dengan dokter merupakan solusi terbaik.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Sering Terlelap Sampai Durasi Tidur Berlebih Akhir-Akhir Ini? Mungkin Ini Penyebabnya

Sering Terlelap Sampai Durasi Tidur Berlebih Akhir-Akhir Ini? Mungkin Ini Penyebabnya

Ternyata, tidur berlebihan dapat berhubungan dengan masalah kesehatan, baik fisik maupun mental. Berikut adalah beberapa penyebab tidur berlebih.

Baca Selengkapnya
Sering Tak Disadari, 5 Kebiasaan yang Picu Tekanan Darah Tinggi

Sering Tak Disadari, 5 Kebiasaan yang Picu Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah kesehatan serius yang dapat berdampak buruk pada kesejahteraan hidup kita.

Baca Selengkapnya
4 Langkah Minimalisir Munculnya Kerutan Saat Tidur

4 Langkah Minimalisir Munculnya Kerutan Saat Tidur

Kebiasaan tidur tertentu bisa menyebabkan penuaan dini. Hindari kebiasaan tersebut untuk mencegah munculnya kerutan atau tanda penuaan lainnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ini Alasan Medis Kenapa Perempuan Haid Tidak Boleh Puasa

Ini Alasan Medis Kenapa Perempuan Haid Tidak Boleh Puasa

Dari sisi medis, ada beberapa alasan kesehatan yang mengharamkan puasa bagi perempuan haid.

Baca Selengkapnya
Tak Bisa Dihindari, Kenali Tahapan Ketika Kulit Mulai Alami Penuaan

Tak Bisa Dihindari, Kenali Tahapan Ketika Kulit Mulai Alami Penuaan

Penuaan kulit merupakan proses yang pasti dialami semua orang. Ketahui tanda-tanda penuaan dan penyebabnya.

Baca Selengkapnya
4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

Hidung tersumbat menjadi problem umum yang sering menimpa kita, terutama saat musim flu atau saat kita sedang mengalami alergi.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Makanan Teraneh Anak Kost

BUNGKUS! Makanan Teraneh Anak Kost

Sahabat Dream pernah tinggal ngekos? Kalau kamu makanan teraneh apa yang pernah dicoba?

Baca Selengkapnya
Deretan Penyebab Tubuh Gampang Banget Lelah

Deretan Penyebab Tubuh Gampang Banget Lelah

Kelelahan yang terjadi secara berulang bukanlah tanpa sebab. Hindari beberapa kebiasaan agar tubuh lebih berenergi.

Baca Selengkapnya