Deretan Kelainan Sel Sperma yang Bisa Pengaruhi Kesuburan

Salah satu yang menyebabkan kehamilan tak kunjung terjadi adalah kelainan sperma.

Mutia Nugraheni
| 14 September 2021 12:04

Dream - Kesuburan tentunya jadi hal yang sangat penting bagi pasangan yang berencana untuk memiliki buah hati. Jika kehamilan tak kunjung terjadi selama setahun padahal sudah rutin berhubungan intim, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kesuburan.

Banyak faktor yang menyebabkan ketidaksuburan. Salah satu yang menyebabkan kehamilan tak kunjung terjadi adalah kelainan sperma. Dikutip dari SehatQ, kualitas dan kesehatan sperma biasanya hanya diukur melalui kekentalan dan jumlahnya setelah pemeriksaan di laboratorium.

Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kualitas sperma antara lain jumlah, bentuk, dan pergerakan dari sperma. Jika terjadi masalah pada setidaknya satu dari tiga faktor itu, maka bisa jadi mengalami kelainan sperma.

Lalu apa saja jenis kelainan sel sperma?

1. Leukocytospermia
Kelainan ini juga sering disebut pyospermia. Terjadi ketika ditemukan banyak sel darah putih dalam air mani. Sel darah putih dalam air dapat merusak sperma dan menurunkan kesuburan. Leukocytospermia menjadi pertanda infeksi atau penyakit autoimun dalam tubuh.

2. Necrozoospermia
Necrozoozpermia menjadi salah satu penyebab kemandulan pada pria. Terjadi ketika sel sperma dalam air mani mati dan tidak melakukan pergerakan. Penyebab kelainan sperma yang satu ini masih belum dapat dipastikan.

Sedikitnya kasus necrozoospermia membuat penelitian mengenai kelainan sperma ini masih sangat minim. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi necrozoospermia.

 

Selanjutnya :

3. Oligoasthenoteratozoospermia (OAT)

Tukul Arwana Sempat Menggunakan Alat Bantu Nafas

Jangan Lewatkan