Deretan Cara Atasi Rambut Rontok Saat Hamil

Rambut mengalami kerontokan hebat, dan berlangsung hingga satu bulan setelah bayi lahir.

Mutia Nugraheni
| 5 Oktober 2021 07:47

Dream - Beberapa ibu mengalami 'pregnancy glowing' saat hamil, kulitnya lebih cerah, rambutnya lebih lebat, begitu juga kukunya lebih padat. Hal ini karena kondisi hormon estrogen yang meningkat drastis.

Sayangnya, jelang persalinan, banyak juga yang mengalami sebaliknya. Rambut mengalami kerontokan hebat, dan berlangsung hingga satu bulan setelah bayi lahir. Kondisi ini tentunya membuat para ibu khawatir karena kondisi rambut semakin tipis

Untuk membantu mengurangi risiko kerontokan saat hamil hingga setelah melahirkan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Apa saja? Simak triknya dikutip dari KlikDokter.com

1. Keramas perlahan
Hal yang paling utama dalam mengurangi kerontokan rambut saat hamil adalah mencuci rambut dengan perlahan dan lembut. Hindari menggosok atau menggaruk kulit kepala yang bisa menyebabkan rambut rontok.

Jika ingin melakukan pijatan, lakukan dengan gerakan berputar pada kulit kepala tanpa menggosok akar rambut. Jika rambut menipis dan ingin mengembalikan volume rambut seperti semula, gunakan sampo berlabel “ volumizing”. Sampo ini biasanya mengandung protein yang membuat rambut tampak lebih tebal.

Bisa juga menggunakan sampo yang mengandung biotin dan silica. Hindari sampo berlabel 'conditioning shampoo', karena mengandung kondisioner yang membuat rambut lebih berat sehingga lebih tertarik ke bawah.

Gunakan kondisioner yang diformulasikan untuk rambut tipis. Kondisioner ini mengandung formula ringan yang tidak membuat rambut menjadi berat dan mudah rontok.

 

Selanjutnya :

2. Keringkan Rambut dengan Benar

7 Sumber Kekayaan Rachel Vennya, Tarif Endorse Jadi Sorotan!

Jangan Lewatkan