Dampak Trauma Persalinan yang Sering Tak Disadari Ibu

Jangan ragu untuk meminta bantuan.

Mutia Nugraheni
| 22 November 2021 14:04

Dream - Peristiwa traumatis identik dengan sesuatu hal yang mengerikan. Seperti kekerasan fisik dan mental, kecelakaan, atau bencana. Merupakan kondisi yang berdampak pada emosi dan psikologis serta bertahan lama, dan sangat menggangu kesehatan mental orang yang mengalaminya.

Rupanya, persalinan juga bisa memicu pengalaman traumatis bagi ibu. Dapat terjadi ketika ibu mengalami pengalaman melahirkan baik fisik dan emosi yang sangat tidak nyaman selama persalinan atau setelahnya.

“ Bisa jadi bayi itu berisiko dalam kelahiran, persalinan berjalan cepat, orangtua tak mendapat dukungan memadai baik secara medis maupun smosi," ujar Rachael Benjamin, seorang terapis yang berfokus pada masalah kehamilan dikutip dari Health.

Menurut Benjamin, ada beberapa jenis pengalaman yang bisa menjadi trauma persalinan. Salah satunya adalah keadaan darurat medis yang berdampak pada fisik ibu selama, sesaat sebelum atau setelah persalinan. Keadaan darurat tersebut dapat mencakup induksi, operasi caesar darurat, pendarahan setelah lahir, eklampsia, solusio plasenta, atau kondisi mendesak lainnya.

Hal ini bisa berdampak pada perasaan bahwa lingkungan persalinan tidak aman secara emosional, atau perasaan terus-menerus tidak 'terlihat' atau tidak 'terdengar' dalam proses persalinan.

Penyebab lainnya adalah ketika bayi berada pada risiko medis, ketika meninggal, prematur atau mengalami kelainan yang baru diketahui. Hal ini bukan hanya dialami ibu, tapi juga ayah.

" Memiliki bayi yang harus menjalani intervensi medis yang tidak terduga dapat menimbulkan trauma bagi kedua orangtua," kata Benjamin.

Ketika bayi dan ibu harus terpisah karena alasan medis, ini juga sebuah kondisi yang berat. Lalu saat ayah harus membuat keputusan medis dan membubuhkan tanda tangan untuk tindakan dokter yang cukup berisiko, hal tersebut bisa memunculkan trauma.s yang dibawa dari masa lalu," jelas Benjamin.

 

Selanjutnya :

Dampak Trauma Persalinan

Ameer Azzikra Putra Ustadz Arifin Ilham Meninggal, Postingan Terakhir Disorot

Jangan Lewatkan