Dampak Fatal Mencium Bibir Bayi yang Sering Tak Disadari

Bakteri berbahaya bisa menyebar melalui air liur dan kemungkinan besar akan...

Mutia Nugraheni
| 1 Maret 2018 18:02

Dream - Wajah bayi yang menggemaskan membuat kita selalu ingin menggendong dan menciuminya. Bukan hanya pipi tapi juga bagian bibirnya. Mungkin bagi banyak orang mencium bibir bayi bukanlah masalah besar dan dianggap sebagai ungkapan kasih sayang.

Tapi menurut drg. Michael Chong, spesialis kedokteran gigi anak, orangtua sebaiknya jangan menciumi bibir bayi. Termasuk tidak meniupi makanan dan minuman yang masih panas dan menggunakan sendok yang sama di mana liur bisa menempel.

" Bakteri berbahaya bisa menyebar melalui air liur dan kemungkinan besar akan masuk ke mulut bahkan sebelum gigi bayi tumbuh," kata drg. Chong.

Bakteri yang dimaksudkan drg. Chong adalah bakteri streptococcus. Bakteri tersebut merupakan pemicu kerusakan gigi yang bisa membuat bolong atau rapuh. Bayangkan kondisi gigi bayi yang belum tumbuh tapi dipenuhi dengan bakteri.

Pertumbuhannya di kemudian hari bisa jadi terhambat, lalu saat tumbuh gigi bayi pun menjadi rusak. Untuk menghentikan penyebaran bakteri streptococcus melalui liur, pastikan tidak menciumi bibir bayi. Lalu sebelum berusia satu tahun, bawa bayi untuk periksa ke dokter gigi.

" Aku juga selalu mengingatkan pengasuh bayi terutama sang ibu untuk melakukan pemeriksaan rutin terutama jika mereka memiliki gigi berlubang. Hal itu karena bakteri pada gigi berlubang bisa dengan mudah memapari bayi," ungkap dr. Chong.

Laporan Ferra Ferdiana

Sumber: KidSpot

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie

Jangan Lewatkan