Curhatan Ibu Miliki Miom Besar karena Suka Makanan Instan

Gejalanya seperti sakit perut, tapi lebih parah hingga membuat susah bangun dan keringat dingin.

Mutia Nugraheni
| 4 Juli 2018 18:03

Dream - Salah satu masalah di organ reproduksi perempuan yang sangat menganggu adalah miom. Miom, seperti dikutip dari Alodokter, merupakan pertumbuhan sel tumor di dalam atau di sekitar uterus (rahim) yang tidak bersifat kanker atau ganas.

Miom dikenal juga dengan nama mioma, uteri fibroid, atau leiomioma. Miom berasal dari sel otot rahim yang mulai tumbuh secara abnormal. Pertumbuhan inilah yang akhirnya membentuk tumor jinak.

Seperti yang dialami Nutri Agusthanty yang menceritakan pengalamannya menjalani operasi untuk mengeluarkan miom. Kondisi miom dalam rahim Nutri ternyata cukup banyak berjumlah 4 buah dan ukurannya besar.

" Sekitar jam 22.45 WIB aku baru keluar dari ruang operasi. Keesokan harinya setelah keadaanku membaik, keluargaku mengatakan kalau aku di operasi 2x yaitu usus buntu dan miom lalu di tunjukkanlah foto miom hasil operasi," tulis Nutri aku status Facebooknya yang kemudian viral.

Ia pun menceritakan kesukaannya pada makanan instan seperti mi, termasuk bakso yang merupakan daging olahan. Selama 1 tahun terakhir hampir setiap pekan ia mengonsumsi dua makanan favoritanya itu.

" Sejujurnya, aku memang mengatahui bahaya mie instant, terutama untuk penderita maag namun semua itu aku abaikan karena kenikmatan rasa mie dan sensasi mie tersebut membuatku melupakan bahaya kemudian hari. Suatu hari, perutku merasakan sakit yang sangat menyiksa (seperti kram) membuatku tidak bisa berjalan bahkan untuk bangun," ungkap Nutri.

Ia pun memeriksakan diri ke dokter. Hasilnya, nutri mengalami usus buntu dan baru dioperasi. Operasi pun dilakukan dan ternyata dokter melakukan dua kali operasi. Yaitu operasi usus buntu dan miom.

Setelah pemeriksaan lebih lanjut baru diketahui kalau terdapat 4 miom dalam rahimnya dan langsung diangkat. Operasi yang rencananya berjalan selama 1,5 jam molor hingga 5 jam. Nutri pun mendapat penjelasan dari dokter kandungan, pemicu adanya miom yang banyak dan besar di rahimnya.

" Ternyata miom itu sebenarnya ada pada setiap wanita, hanya saja miom akan berkembang lebih cepat apabila wanita tersebut menstruasinya banyak mengeluarkan darah dan lama. Bukan hanya itu, miom juga lebih cepat berkembang apabila kita pecinta junkfood, mie instant dan juga bakso. Kenapa bakso memicu miom? Karena daging olahan yang terdapat di dalam bakso tidak kita ketahui, apakah daging segar atau daging campuran. Sedangkan mie instan, bahan pengawet yang terdapat dalam mie tidak baik," ungkap Nutri.

Hal yang dialami Nutri bisa jadi pelajaran berharga. Usahakan untuk lebih selektif dan bijak dalam memilih dan mengonsumsi makanan sehari-hari, Sahabat Dream.

 

Audi Marissa - Anthony Xie | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps 3

Jangan Lewatkan