Cucu Aa Gym Meninggal Mendadak, Ketahui Pemicunya

Usia Gheziya masih dua bulan dan ia meninggal tiba-tiba tanpa keluhan.

Mutia Nugraheni
| 21 Mei 2018 09:50

Dream - Keluarga besar KH Abdulah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym sedang dirundung duka mendalam. Cucunya yang masih berusia 2 bulan, Gheziya Naura Khadija, meninggal dunia secara mendadak.

Gheziya merupakan anak kedua dari putri Aa Gym, Ghaitsa Zahira Shofa dan ustaz Maulana Yusuf. Ghaida, putri pertama Aa Gym mengungkap kalau sang keponakan meninggal secara tiba-tiba pada Minggu, 20 Mei 2018, pukul 16.12 WIB.

Kematian bayi di bawah usia 1 tahun secara mendadak dalam dunia medis dikenal sebagai SIDS atau sudden infant death syndrome. Dikutip dari Mayo Clinic, SIDS pada bayi merupakan kematian yang tak dapat dijelaskan yang biasanya terjadi saat tidur.

Bayi yang tampak sehat tanpa ada keluhan, tiba-tiba meninggal dunia. Meski penyebabnya sulit diketahui secara detail tapi ada beberapa yang hal yang bisa meningkatkan risiko terjadinya SIDS.

Beberapa penelitian mengungkap kalau SIDS memiliki keterkaitan dengan cacat pada bagian otak bayi yang mengontrol pernapasan dan proses tidur. Faktor risiko lainnya adalah berat badan bayi saat lahir dalam level yang sangat rendah, infeksi pernapasan, serta faktor lingkungan.

Untuk faktor lingkungan ini berkaitan erat dengan kebiasaan tidur bayi. Misalnya bayi yang tertidur dalam posisi mirip atau tengkurap sangat berisiko mengalami SIDS. Termasuk juga tidur dalam matras yang terlalu empuk sehingga permukaannya menutup hidung bayi dan ia kesulitan bernapas.

Suhu yang terlalu panas juga bisa memicu SIDS. Untuk itu pastikan bayi tidur dalam suhu yang pas, tidak terlalu dingin atau panas. Pakaikan juga pakaian yang lembut dan hindari memberi pakaian yang berlapis-lapis.

 

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK

Jangan Lewatkan