Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Croup, Batuk Menular yang Sering Mengincar Balita

Croup, Batuk Menular yang Sering Mengincar Balita Anak Batuk (Foto: Shutterstock)

Dream – Anak balita sering mengalami batuk keras atau batuk dengan suara seperti menggonggong? Bisa jadi mereka terkena croup. Croup merupakan infeksi virus yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada saluran pernafasan bagian atas, umumnya menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun. D

Batuk ini sangat menular dan dapat disebabkan oleh berbagai virus, salah satunya ialah virus parainfluenza yang merupakan virus flu. Suara batuk yang terus-menerus disebabkan oleh radang pada tenggorokan dan aliran udara yang tersumbat.

Saluran pernapasan pada anak sangat kecil, sehingga jika saluran ini menyempit maka dapat menyebabkan sesak dan kesulitan bernapas. Biasanya croup dapat hilang dalam beberapa hari.  Namun karena virus ini menganggu saluran udara, anak pada beberapa kasus sangat kesulitan bernapas.

Anda dapat mengetahui gejala dari virus ini dengan munculnya batuk keras dan menggonggong pada si kecil. Pernapasan mereka pun sesak dan tampak tak beraturan. Ada hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah batuk croup terjadi.

Seperti mencuci tangan dengan sabun dan air. Hindari pula kontak fisik dengan orang yang sedang batuk atau flu. Ingatkan anak untuk menutup hidung dan mulut dengan tangan ketika hendak batuk atau bersin.

Virus ini kerap muncul di malam hari ketika udara dingin. Anda bisa meredakan batuk yang muncul dengan memberi uap hangat. Jika disertai dengan demam, berikanlah buah hati parasetamol.

Tapi jika demam cukup tinggi hingga 39 derajat celcius dan kondisi kulit tampak biru atau keabu-abuan di sekitar mulut, hidung atau kuku jari, segera periksalah ke dokter. Gejala ini menandakan bahwa anak sudah kekurangan oksigen dan membutuhkan perawatan medis segera.

Sumber: Kid Spot

Laporan Dina Nazhifah

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya
Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Ternyata kaki sakit sebelah kiri bisa disebabkan banyak faktor. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, Yuk penyebabnya terlebih dahulu.

Baca Selengkapnya
4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba
4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

Hidung tersumbat menjadi problem umum yang sering menimpa kita, terutama saat musim flu atau saat kita sedang mengalami alergi.

Baca Selengkapnya
Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan
Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Perlu diketahui, jika kamu memilih untuk berada di satu kamar bersama hewan peliharaan, kamu akan lebih sulit nantinya untuk membersihkan kamar.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.