Bonding Time dengan Anak Bisa Ciptakan Rasa Tenang Saat Pandemi

Waktu berkualitas bersama anak bisa bikin ibu dan si kecil tenang dan bahagia loh!

Ferdike Yunuri Nadya
| 26 Juli 2021 10:04

Dream - Hingga hari ini pandemi virus corona masih menjadi momok mengerikan di Indonesia. Peningkatan kasus penularan Covid- 19 ini membuat masyarakat khawatir, terutama para ibu yang memiliki bayi atau anak balita.

Rasa cemas akan kesehatan diri sendiri dan si kecil terkadang membuat ibu gelisah berlebih. Padahal perasaan negatif pada ibu bisa terefleksi kepada anak-anak. Itulah mengapa dibutuhkan kegiatan yang bisa mengalihkan kekhawatiran ibu terhadap pandemi agar imun tubuh terus baik dan anak juga merasakan perasaan bahagia.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah menciptakan waktu berkualitas antara ibu dan anak. Misalnya dengan membacakan buku bergambar, hal ini dapat meningkatkan bonding atau ikatan. Melalui buku, ibu dan anak bisa saling berinteraksi. Misalnya meminta si kecil menunjuk warna tertentu, atau membaca dengan gaya ekspresif yang membuat anak terhibur.

 Mama Choice

“ Membaca bersama anak dapat membuat anak menjadi lebih tenang. Hal ini dikarenakan, saat membacakan cerita, ibu dan anak berdekatan secara fisik serta ada sentuhan fisik yang dapat memunculkan hormon Oxytocin,” kata Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Anak dan Remaja pada konferensi virtual Mama Choice’s, 23 Juli 2021.

Salah satu hormon antistres ini membuat buah hati merasa dekat dengan ibu begitu juga sebaliknya. Kedekatan ini dapat membuat anak tenang dan membentuk ketahanan mentalnya terutama dalam melewati masa penuh tantangan seperti sekarang.

Tidak hanya cerdas secara intelektual, membaca juga membuat bayi lebih matang secara emosional. Sebab ekspresi yang ibu tunjukkan saat membaca membuat bayi mengetahui beragam emosi. Melalui cerita, bayi juga belajar bagaimana menghadapi situasi dan emosi tertentu.

Selanjutnya :

Menumbuhkan Minat Membaca Anak

Live Streaming Semangat Senin Indosiar | Vidio

Jangan Lewatkan