Cerita Bayi Tabung yang Lahir di Surabaya, Ternyata 'Berusia' 6 Tahun

Bayi tersebut lahir dengan sehat setelah disimpan selama 6 tahun.

Mutia Nugraheni
| 18 November 2021 14:07

Tahapan Penting Saat Ingin Jalani Program Bayi Tabung

Dream - Beberapa pasangan cukup sulit untuk mendapat keturunan. Bila satu tahun sudah berusaha berhubungan intim tanpa kontrasepsi dan kehamilan tak kunjung terjadi, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kesuburan.

"Gangguan kesuburan dapat terjadi karena patologi pelvik dan tuba, faktor sperma, gangguan ovulasi, penyebab tidak diketahui, dan masalah yang jarang ditemui," kata Profesor Dr. dr. Budi Wiweko, MPHJ, Sp.OG-KFER dalam webinar tentang Embrio Normal untuk Kehamilan Sehat yang diadakan Rumah Sakit Pondok Indah IVF Centre pada Kamis, 23 September 2021.

Salah satu usaha yang bisa dilakukan agar kehamilan bisa cepat terjadi adalah menjalani program bayi tabung. Bayi tabung merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keturunan pada pasangan yang mengalami infertilitas (gangguan kesuburan), dengan mempertemukan sel sperma dan sel telur di luar tubuh manusia. Setelah terjadi pembuahan, sejumlah 2-3 embrio akan ditanam kembali ke rahim calon ibu.

Untuk mengikuti program bayi tabung tentunya ada sejumlah pemeriksaan yang harus dijalani. Pasangan juga sebaiknya memperbaiki pola hidup agar tubuh lebih fit dan sehat.

"Konsumsi makanan tinggi akan protein dan rendah lemak, mikro nutrisi multipel, asam folat, vitamin D dan c, kalsium, buah-buahan, dan antioksidan, minimal 60 hari sebelum memulai program bayi tabung. Peserta program bayi tabung juga harus menghindari olahraga high impact karena bisa berakibat pecahnya sel telur," ujar. Prof Budi

Sementara itu, bagi calon ayah harus menghindari kebiasaan yang bisa merusak kualitas sperma. Seperti berendam air hangat, menonton televisi lebih dari 40 jam seminggu, menggunakan pakaian dalam terlalu ketat, dan bersepeda.

 

 

Selanjutnya :

Bagimana proses bayi tabung dilakukan?

10 Artis dengan Umur Pernikahan Tersingkat

Jangan Lewatkan