Cerita Bayi Tabung yang Lahir di Surabaya, Ternyata 'Berusia' 6 Tahun

Bayi tersebut lahir dengan sehat setelah disimpan selama 6 tahun.

Mutia Nugraheni
| 18 November 2021 14:07

Dream - Teknologi kesehatan, terutama dalam hal perencanaan kehamilan dan kesuburan kini sudah berkembang pesat. Salah satunya adalah program bayi tabung, di mana pembuahan dilakukan di luar tubuh.

Sel sperma dan sel sel telur 'dipertemukan' kemudian dimodifikasi di laboratorium sehingga bisa menjadi embrio yang nantinya akan dimasukkan lagi ke rahim ibu. Setelah itu ibu menjalani kehamilan seperti biasa.

Teknologi bayi tabung jadi harapan besar bagi pasangan suami istri yang sangat ingin memiliki buah hati. Sebuah cerita keberhasilan program bayi tabung yang berjarak 6 tahun datang dari Surabaya.

Dokter Benediktus A,MPH,Sp.OG(K) dari Morula IVF Surabaya, membagikan pengalamannya menangani pasangan yang menjalani program IVF atau bayi tabung. Pasangan tersebut berhasil mendapat anak pertama pada 2016.

Anak yang diberi nama Achmad Rifansyah (Evan) itu kini sudah berusia 6 tahun. Saat program pertama, rupanya ada dua embrio. Satu embrio menjadi Evan dan satu lagi disimpan.

Embrio yang disimpan tersebut, kini sudah lahir dengan selamat pada 11 November 2021 lalu. Diberi nama Khadijah Adzkiya, bayi lucu itu merupakan bayi " tertua" yang lahir di Morula Surabaya pada 2021.

 Instagram @drbennyarifin

" Puji Syukur kepada Yang Maha Kuasa, hari ini momen penuh kebahagiaan datang dari salah satu pasangan yg meniti buah hati @morulaivfsurabaya. Pasangan Aisyah Fiyanti @aisyah_fiyanti dan Rifki yang sudah lama menikah (12 tahun), 6 tahun yang lalu (2015) mengawali proses bayi tabung dan berhasil lahir Achmad Rifansyah (Evan) anak laki-laki pertama mereka di tahun 2016. Kemudian pasangan ini melakukan Frozen Embryo Transfer (FET) lagi di tahun 2021 dari embryo yang telah disimpan selama 6 tahun lalu. Dan berhasil hamil lagi dengan sehat hingga lahirnya Khadijah Adzkiya pada tanggal 11.11.2021," tulis dr. Benekditus di akun Instagram @drbennyarifin.

 

Selanjutnya :

Berkah Luar Biasa

Working Area Bid Mechanism and Open Area Potentials in Indonesia.

Jangan Lewatkan