Cemilan 'Finger Food' Rumahan Kaya Gizi untuk Bayi

Bukan hanya agar nutrisi terpenuhi, tapi juga mereka bisa belajar makan sendiri.

Mutia Nugraheni
| 16 Oktober 2017 19:47

Dream - Konsep memberi makan bayi sampai saat ini masih jadi perdebatan. Beberapa ibu menerapkan baby led weaning (BLW) secara penuh. Namun banyak juga yang lebih memilih spoon feeding, karena menganggap BLW tak maksimal dalam memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Jalan tengah pun diambil, yaitu dengan menerapkan spoon feeding saat memberi makanan utama. Sementara saat menikmati cemilan, si kecil diberi finger food. Untuk finger food ini tak
melulu harus makanan dalam kemasan, seperti biskuit bayi.

Justru lebih baik makanan rumahan yang bisa dengan mudah dipegang si kecil sebagai cemilan. Bukan hanya agar nutrisi terpenuhi, tapi juga mereka bisa belajar makan sendiri.

- Pisang
Buah satu ini rasanya manis dan teksturnya sangat lembut. Bentuknya pun mudah digenggam bayi. Untuk bayi usia 7 bulan ke atas, pisang bisa diberikan. Kupas pisang sebagian dan biarkan
si kecil menikmatinya sambil duduk manis.

- Avokad
Kaya akan lemak baik, avokad sering dibilang superfood. Teksturnya juga sangat lembut. Kupas avokad dari kulit dan potongan ukuran besar. Taruh di piring lebar dan dudukan si kecil.
Biarkan ia mengambilnya sendiri dan memakannya.

- Ayam kukus
Untuk si kecil yang bobot tubuhnya tak kunjung bertambah, bisa diberi cemilan hewani. Salah satunya adalah ayam kukus. Anda bisa merebus dada/ paha ayam organik yang telah diberi
bumbu seperti lada, daun sereh, daun salam dan rempah lainnya. Pastikan teksturnya sudah empuk dan potong dalam ukuran besar seukuran genggaman si kecil.

- Tahu/ tempe kukus
Sebagai sumber protein, tahu dan tempe juga sangat baik untuk bayi. Coba berikan si kecil tahu atau tempe kukus yang sudah diberi rempah alami. Aromanya yang menggugah akan membuatnya tertarik untuk mencicipi. Tekstur tahu dan tempe juga sangat lembut.

 

Millen Cyrus Tersandung Narkoba (Lagi)

Jangan Lewatkan