Catat, Waktu Terbaik Mencoba Tes Kehamilan

Apabila menggunakan alat tes kehamilan praktis, sebaiknya gunakan urine pagi hari.

Mutia Nugraheni
| 23 April 2018 16:04

Dream - Telat datang bulan memang jadi salah satu pertanda kalau kehamilan terjadi. Tapi hal tersebut tak boleh dijadikan patokan. Untuk mengetahui apakah kehamilan terjadi atau tidak, memang sebaiknya dilakukan tes kehamilan.

Saat ini banyak alat tes kehamilan praktis dengan berbagai macam merek dijual di pasaran. Harganya pun sangat terjangkau. Jika memang haid tak kunjung datang di tanggal yang biasanya, Anda bisa mencoba alat tes tersebut.

Namun sebaiknya tunggu hingga 1 atau 2 minggu. Bisa jadi haid telat karena masalah hormon. Menunggu hingga 2 minggu untuk mencoba tes kehamilan boleh dibilang waktu yang 'tepat'.

Alat tes kehamilan tersebut sebenarnya mendeteksi hormon yang disebut human chorionic gonadotrophin (hCG). Hormon ini akan dikeluarkan tubuh setelah sel telur berhasil dibuahi dan menempel di rahim. Proses tersebut memakan waktu sekitar 2 hingga 3 hari.

Apabila menggunakan alat tes praktis ini, sebaiknya gunakan urine pagi hari. Hal ini karena konsentrasi urine di pagi hari sangat pekat. Sehingga hasilnya pun jadi lebih akurat.

Saat buang air kecil pagi hari, tampung di wadah secukupnya, kemudian gunakan alat tersebut dengan mencelupnya pada urine. Hasilnya akan keluar dalam hitungan detik. Garis satu pertanda negatif dan garis dua pertanda positif. Ada juga yang menampilkan tanda (+) dan (-), tergantung alat tes yang digunakan.

Perhatikan juga instruksi pemakaian dalam kemasan. Misalnya saat mencelupkan stik, jangan terlalu penuh atau pastikan jumlah urin yang dites cukup, tidak terlalu sedikit.

Jika hasilnya meragukan, misalnya satu garis jelas sementara satu garis samar, bisa lakukan tes ulang. Bisa juga langsung berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih detail.

Sumber: Mom Junction

POSH (INSIGHTFUL & MOTIVATION SESSION)

Jangan Lewatkan