Catat, Cara Aman Rumahan untuk Ringankan Flu Si Kecil

Kondisi pilek dan batuk seringkali membuat anak menjadi rewel dan sulit tidur.

Mutia
| 10 Oktober 2018 10:11

Dream - Flu dengan gejala batuk dan pilek jadi salah satu keluhan yang sering terjadi pada balita. Sebenarnya pilek dan batuk merupakan gejala yang menunjukkan adanya infeksi atau alergi. Pemicunya bisa jadi banyak hal.

Jika disebabkan oleh hal ringan, maka akan reda dengan sendirinya dalam hitungan hari. Bagi anak-anak, kondisi ini kadang membuatnya menjadi rewel. Apalagi jika disertai kenaikan suhu tubuh dan kesulitan bernapas.

Ada empat cara rumahan yang aman dilakukan untuk meringankan flu si kecil. Apa saja?

1. Gunakan tetes hidung
Anda dapat membeli cairan tetes hidung yang dijual bebas di apotek. Cairan ini mengandung garam yang berfungsi mengencerkan lendir untuk membantu meringankan saluran hidung jika mampet. Tetes masing-masing hidung dengan cairan tersebut, terutama saat anak tidur dan kesulitan bernapas.

2. Tawarkan minuman
Tetap terhidrasi sangat penting ketika anak sakit. Air membantu tubuh melawan penyakit dan membuat saluran udara tetap lembap dan kuat. Jika si kecil tak suka air putih, tawarkan susu, yogurt atau jus. Berikan juga buah-buahan kaya air dan vitamin seperti melon dan semangka.

3. Berikan madu
Madu adalah pemanis alami yang dapat membantu meringankan sakit tenggorokan. Madu juga memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu melawan infeksi. Bisa memberikannya dengan campuran air hangat dan perasan lemon. Tapi ingat, madu tak dianjurkan untuk anak yang berusia di bawah 1 tahun.

4. Minyak dan krim hangat
Aplikasikan minyak atau krim hangat di dada dan punggung si kecil. Tapi pastikan produk tersebut khusus anak dan tak memicu reaksi alergi. Berikan sambil pijat dengan lembut.

Jika flu tak mereda lebih dari tiga hari apalagi disertai sesak napas atau napas berbunyi, segera periksakan ke dokter. Pantau juga suhu tubuh si kecil dengan termometer.

Sumber: Healthline

 

Museum NU di Surabaya Dijadikan Posko Prabowo-Sandi?

Jangan Lewatkan