Catat, Asupan Penting untuk Tingkatkan Imunitas Anak

Anak yang sakit berulang dan sering tertular penyakit, asupan gizinya perlu diperbaiki.

Mutia Nugraheni
| 23 Mei 2019 12:04

 

Dream - Anak-anak, terutama bayi dan balita sering kali tertular penyakit. Mulai dari flu, batuk, diare, muntah hingga infeksi berbahaya. Kondisi ini terjadi karena sistem imunitasnya belum bekerja optimal.

Imuniasnya perlu ditingkatkan dengan asupan-asupan kaya gizi. Anak yang sakit berulang dan sering tertular penyakit, tak boleh dibiarkan. Pasalnya, dalam kondisi tersebut perkembangan dan pertumbuhan fisiknya jadi tidak optimal.

" Sistem kekebalan yang berfungsi penuh adalah apa yang membuat anak-anak tetap sehat," ujar Alan Green, seperti dikutip dari KidSpot.

Untuk menjaga sistem kekebalan yang sehat dan kaya gizi adalah kuncinya. Hindari memberikan anak makanan olahan atau kemasan. Ini termasuk keripik, cokelat, kue, dan es krim.

" Berikan menu sayuran segar, unggas, daging, ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan telur. Penting juga untuk memberi anak air putih dan jus buah segar tanpa gulam" ungkap Alan.

Asupan lain yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh si kecil adalah yougurt. Mengonsumsi minuman ini akan melindungi saluran pencernaan yang dan berperan mendukung sistem kekebalan tubuh.

" Ketika bakteri usus menjadi tidak seimbang, kemampuan untuk melawan infeksi diubah dan lebih berisiko terkena pilek dan flu," kata Alan.

Minum yogurt kaya probiotik. Minuman ini dapat meningkatkan bakteri pada usus. Bisa juga memberikan si kecil suplemen yang mengandung lactobacillus, bifidobacterium dan acidophilus.

Makanan lainnya adalah bawang putih. Bumbu dapur satu ini mengandung sifat anti-virus dan anti-bakteri. Bawang putih merangsang sel-sel kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi antibodi. Ini juga mengandung senyawa sulfur yang memiliki sifat antioksidan kuat.

" Olah makanan si kecil dengan banyak bawang putih, bisa juga memadukannya dengan sayuran hijau agar si kecil menyukainya," pesan Alan.

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary

Jangan Lewatkan