Cari Tahu Saat Tubuh di Puncak Masa Subur

Ada sinyal yang diberikan tubuh kalau sel telur telah matang dan siap dibuah. Untuk yang sedang merencanakan kehamilan, ovulasi adalah hal yang dicari.

Mutia Nugraheni
| 22 Agustus 2017 12:08

Dream - Bagi para pasangan menikah yang sedang merencanakan kehamilan, masa-masa ovulasi adalah yang paing ditunggu-tunggu. Saat ovulasi adalah ketika sel telur dalam kondisi sudah matang dan siap untuk dibuahi sel sperma. Jika sel telur tak dibuahi makan akan luruh menjadi menstruasi.

Pembuahan akan semakin efektif jika hubungan seksual dilakukan di masa-masa ovulasi ini atau dengan kata lain saat perempuan berada di puncak masa subur. Faktanya, saat ovulasi tubuh akan mengalami beberapa perubahan yang oleh sebagian perempuan tidak disadari.

" Ada perempuan yang merasa punggungnya terasa pegal terutam area pinggang. Lalu, perhatikan juga cairan vagina. Jika biasanya terasa kering, namun terasa lengket danv muncul lendir transparan. Suhu tubuh pun naik beberapa derajat, lebih hangat dari biasanya. Kondisi ini bisa terjadi 4 atau 5 hari sebelum menstruasi," ungkap Kim Garbedian, seorang dokter kandungan dan konsultan fertilitas, seperti dikutip dari Todays Parents.

Masa-masa paling subur perempuan adalah lima hari sebelum ovulasi dan pada hari ovulasi itu sendiri. Sementara panjang siklus bisa bervariasi, ovulasi umumnya terjadi 14 hari sebelum periode berikutnya. Secara alami, memang sulit untuk menentukan dengan tepat kapan telur akan dilepaskan. Kini juga banyak tersedia alat rumahan untuk mengetahui masa-masa ovulasi yang bisa dibeli di apotek.

Namun bagi Anda yang ingin segera hamil, ada fakta yang wajib diketahui. Sperma dapat bertahan hingga tujuh hari setelah berhubungan seksual. Jadi cobalah untuk melakukan hubungan seksual secara teratur di hari-hari ke-11 hingga ke-16. Di mana hari ke-1 adalah hari pertama keluarnya darah menstruasi.

" Masih banyak faktor lain yang mempengaruhi berhasil atau tudaknya kehamilan. Perbaiki juga gaya hidup menjadi lebih sehat, jauhi rokok, banyak olahraga dan konsumsi makanan bernutrisi. Jika hubungan seksual sudah dilakukan secara teratur, tapi jika selama 1 tahun belum ada tanda-tanda kehamilan, segera berkonsultasilah dengan dokter," ungkap Kim.

 

Topik Terkait :

Live Streaming Semangat Senin Indosiar | Vidio

Jangan Lewatkan