Cara Menghitung Kehamilan yang Akurat sampai Kelahiran

Usia kehamilan bisa dihitung dengan menggunakan beberapa cara, salah satunya dengan menggunakan siklus menstruasi.

Siwi Nur Wakhidah
| 11 September 2019 12:02

Cara Menghitung Kehamilan sampai Hari Perkiraan Hamil

Keakuratan cara menghitung kehamilan memang tidak bisa dipastikan. Berdasarkan laporan yang dilansir dari laman Baby Centre, hanya sekitar 5% bayi yang lahir sesuai dengan tanggal yang diperkirakan atau HPL.

Sebagian besar bayi lahir antara minggu ke 37 dan minggu ke 42, dihitung dengan cara menghitung kehamilan yang sudah dijelaskan secara singkat di atas. Oleh sebab itu, HPL hanya dijadikan patokan untuk ibu hamil dalam mempersiapkan diri, sedangkan kepastian kelahiran bayi benar-benar tidak bisa dipastikan di awal kehamilan.

Untuk cara menghitung kehamilan yang lebih akurat, ibu hamil bisa mengikuti petunjuk yang diberikan dokter, atau dengan melakukan konsultasi penghitungan yang sudah dilakukan sendiri. Hal yang terpenting dalam cara menghitung kehamilan ialah mengetahui siklus menstruasi yang dialami.

Kalender


Dengan mengetahui dan memahami siklus menstruasi yang kita alami sendiri, seorang perempuan bisa memperkirakan kapan saat yang tepat untuk ovulasi dan bisa meningkatkan kesempatan untuk hamil. (mut)

Sumber: Baby Centre

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi

Jangan Lewatkan