Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi yang Sering Bikin Rewel

Bayi tidak bisa mengeluarkan dahak dengan sendirinya. Untuk itu ia membutuhkan bantuan dalam mengeluarkan dahak.

Yoga Tri Priyanto
| 27 November 2019 16:00

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi

Karena bayi tidak mampu mengeluarkan dahak sendiri, maka perlu bantuan. Berikut ini beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi.

Menghirup uap

Cara mengeluarkan dahak pada bayi yang pertama adalah menghirup uap. Dengan cara ini, masalah dahak pada bayi dapat teratasi karena air uap ini dapat membuat dahak menjadi lebih encer. Berikut langkah-langkah cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan menggunakan uar air:

- Pertama-tama kamu siapkan baskom berisi air hangat. Air tersebut bisa dicampur dengan minyak kayu putih atau minyak telon secukupnya

- Selanjutnya, bawa bayi mendekat ke baskom tersebut agar dia bisa menghirup uap dari air hangat dalam baskom

- Bayi diposisikan tengkurap

- Dengan sedikit menepuk-nepuk punggung bayi, dahak pada bayi perlahan-lahan akan menjadi lebih encer dan lebih mudah dikeluarkan

Berjemur di pagi hari

Cara mengeluarkan dahak pada bayi berikutnya yaitu dengan berjemur di pagi hari. Sinar matahari pagi memang sangat baik untuk kesehatan bayi. Bahkan sinar matahari pagi juga sangat bermanfaat untuk orang dewasa sekalipun.

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan saat bayi berjemur sinar matahari pagi:

- Bayi berjemur sekitar 10 menit di bahwa sinar matahari antara pukul 7-8 pagi.

- Posisikan bayi dengan tengkurap di pangkuan, kepalanya sedikit lebih rendah dari tubuhnya. Lalu oleskan minyak telon pada dada dan punggungnya

- Tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut.

Menghangatkan tubuh bayi

Cara mengeluarkan dahak pada bayi selanjutnya yaitu dengan menghangatkan tubuh bayi. Menghangatkan tubuh bayi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Cara yang pertama dalam hal ini bisa dilakukan dengan memandikan bayi atau berendam beberapa saat di dalam air hangat agar tubuhnya menjadi hangat. Dengan begitu suhu tubuh bayi menjadi hangat juga dan dahak bisa menjadi lebih encer untuk dikeluarkan.

Selain itu, bayi juga bisa dipakaikan baju hangat dan dioleskan minyak telon pada tubuhnya untuk menghangatkannya. Namun, ada beberapa bayi yang memiliki alergi dengan minyak telon, jadi perhatikan hal ini baik-baik.

Selanjutnya :

Cara Mengeluarkan Dahak pada Anak

Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak

Jangan Lewatkan