Cara Mengatasi Nyeri Puting Saat Menyusui

Jangan dulu menyerah untuk menyusui si kecil saat muncul kesakitan di payudara.

Mutia Nugraheni
| 24 Februari 2021 14:02

Lembapkan kulit puting dengan ASI

Perbaiki Cara dan Posisi Menyusui
Saat menyusui, wajah bayi dihadapkan ke payudara ibu. Keluarkan dahulu beberapa tetes ASI untuk melembapkan areola (area hitam di sekitar puting) payudara. Usap-usap bibir bayi dengan puting payudara untuk membuka mulutnya lebar-lebar.

Setelah mulut bayi terbuka lebar, barulah areola payudara masuk ke dalam mulut bayi (areola diarahkan ke langit-langit atas mulut bayi).

Hindari Memecahkan Lenting atau Blister
Adanya lenting di puting payudara ibu menyusui umumnya disebabkan oleh sumbatan saluran ASI. Lenting ini menimbulkan nyeri seperti disayat saat sedang menyusui. Meski demikian, sebisa mungkin proses menyusui harus tetap dilakukan. Karena jika dihentikan, akan menyebabkan payudara bengkak dan berlanjut menjadi infeksi. Anda juga tidak boleh memecahkan lenting ini karena bisa memicu infeksi sekunder.

Oleskan ASI ke Puting Payudara
Setelah selesai menyusui, oleskanlah ASI ke puting payudara. Jangan langsung mengenakan bra. Biarkan payudara terbuka dahulu selama 10-15 menit agar ASI mengering dan terserap dengan baik.

ASI akan membantu mempercepat penyembuhan puting payudara yang lecet atau luka. Selain itu, ASI juga mengandung antibakteri alami. Oleh sebab itu, cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui yang satu ini patut dicoba.

Selengkapnya baca di sini.

Selanjutnya :

Haruskah Payudara Dibersihkan Dulu Sebelum Menyusui?

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan