Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Memperbanyak ASI Secara Cepat dan Alami

Cara Memperbanyak ASI Secara Cepat dan Alami Shutterstock.com

Dream – Bagi seorang ibu, memberikan ASI secara eksklusif kepada sang buah hati merupakan suatu hal wajib untuk dilakukan. Seperti yang sudah kita ketahui, ASI merupakan makanan utama bagi bayi yang baru lahir, hingga si kecil mencapai usia 6 bulan.

Di era milenial ini, sudah semakin banyak para ibu lebih memilih memberikan susu formula kepada si kecil. Berbagai alasan telah mereka sampaikan; mulai dari ASI yang hanya keluar sedikit hingga para ibu yang berat melepaskan pekerjaannya.

Padahal semua ibu telah mengerti jika ASI mengandung segudang nutrisi yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Dengan menggantikan ASI menjadi susu formula tidak akan menjamin asupan nutrisi si kecil akan dicukupi. Tidak hanya itu saja, susu formula diproduksi tidak dengan cara yang alami, terdapat campur tangan alat dan bahan yang belum tentu aman.

Memang, rata-rata susu formula telah terbukti aman untuk dikonsumsi oleh si kecil. Meskipun begitu, ASI tetaplah sumber makanan yang paling aman dan menyehatkan bagi si kecil.

Sebagian besar wanita yang memilih menggunakan susu formula disebabkan karena produksi ASI yang terlalu sedikit. Ketakutan akan tidak terpenuhinya nutrisi untuk si kecil membuat si ibu langsung beralih ke susu formula.

Namun, tahukah Moms? Terdapat berbagai cara memperbanyak ASI yang tentu saja bisa kalian lakukan di rumah. Penasaran? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

Cara Memperbanyak ASI: Terus Memberikan ASI

Cara memperbanyak ASI yang pertama adalah dengan terus memberikan si kecil ASI. Cara ini merupakan cara terbaik untuk bisa meningkatkan produksi ASI. Pasalnya, dengan terus memberikan si kecil ASI akan meningkatkan stimulus dan respon hormon prolactin yang dihasilkan. Namun yang perlu diingat, pastikan posisi mulut si kecil dengan puting payudara telah benar dan pas.

Moms, usahakan untuk selalu menyediakan waktu selama 20-30 menit untuk memberikan ASI pada si kecil. Lakukanlah hal tersebut setiap 2-3 jam sekali setiap harinya agar kebutuhan ASI si kecil bisa tercukupi. Meskipun demikian, seiring berjalannya waktu si kecil akan mengalami penurunan frekuensi untuk menyusu, sebab si kecil sudah akan memulai fase menerima MPASI.

Cara Memperbanyak ASI: Suasana Nyaman

Suasana nyaman dan tenang merupakan salah satu cara memperbanyak ASI untuk dikeluarkan. Tahukah kalian? Bayi yang baru lahir sudah mempunyai indera pendengaran cukup matang, sehingga suara bising bisa membuat si kecil terganggu pada saat sedang menyusu. Suasana yang nyaman dan tenang sangat diperlukan tidak hanya untuk para ibu namun juga untuk si kecil.

Moms, usahakan untuk mencari tempat yang nyaman dan tenang di setiap kali kalian ingin memberikannya ASI. Carilah tempat duduk yang nyaman dan pastikan untuk selalu memiliki minuman yang berada di dekat kalian. Kondisi tubuh yang dehidrasi juga bisa mempengaruhi jumlah produksi ASI yang dikeluarkan loh.

Cara Memperbanyak ASI: Memijat Payudara

Cara memperbanyak ASI yang selanjutnya adalah dengan melakukan pijatan ringan pada payudara kalian. Mengapa demikian? Bayi yang sedang menyusui cenderung akan mudah terlelap terutama jika ASI sudah mulai berkurang. Kondisi ini malah akan membuat ASI tersebut menjadi menggumpal di dalam payudara loh Moms. Dengan adanya gumpalan ASi tersebut, membuat produksi ASI menjadi tidak lancar.

Cara yang cukup mudah untuk bisa mencegah penggumpalan pada payudara adalah dengan memijat payudara pada saat payudara dirasa telah mengeras. Kompreslah menggunakan kain bersih yang telah diremdam air hangat selama 10 menit. Kemudian lakukanlah pijatan ringan pada kedua payudara kalian. Kalian bisa melakukannya yang dimulai dari pangkal payudara yang kemudian sambil menekan ke arah dinding dada dengan menggunakan kedua jari.

Cara Memperbanyak ASI: Pola Makan

Sudah menjadi rahasia umum, jika menjaga pola makan yang sehat merupakan salah satu cara memperbanyak ASI yang harus untuk dilakukan. Ibu menyusui sangat dianjurkan dan wajib untuk selalu menjaga apapun yang akan dikonsumsinya. Tahukah kalian? Ibu yang sedang meyusui membutuhkan setidaknya 500 kalori setiap hari agar tetap terjaga energinya.

Terdapat beberapa makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI pada para wanita. Beberapa makanan tersebut meliputi daun katuk, sayuran, kacang-kacangan, gandum, biji-bijian serta buah. Tidak hanya itu saja, minum air putih yang banyak juga sangat diperlukan untuk para ibu yang sedang menyusui. Dengan mendapatkan asupan cairan tubuh yang cukup dapat membuat si ibu tidak mudah terasa lelah selama sedang menyusui.

Cara Memperbanyak ASI: Tidur yang Cukup

Tahukah kalian? Kondisi psikologis si ibu menjadi salah satu faktor utama dalam salah satu cara memperbanyak produksi ASI. Pasalnya, ketika si ibu mengalami stress maka hal itu akan mempengaruhi produksi ASI dan membuat ASI menjadi sedikit untuk keluar. Penyebab stress bisa bermacam-macam mulai dari adanya sindrom baby blues hingga tidur yang sangat kurang.

Kondisi-kondisi seperti inilah yang membuat ASI menjadi tidak keluar. Mintalah bantuan pada pasangan jika dirasa kalian mengalami kesulitan Moms. Tidak hanya itu saja, dalam merawat si kecil usahakan untuk saling bekerja sama antara suami dan istri.
 
(Sumber: hellosehat dan honestdocs)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

Beberapa buah terkenal karena kandungan vitamin, serat, mineral dan senyawa pelindungnya yang jauh lebih tinggi. Yuk, simak 15 buah yang paling menyehatkan!

Baca Selengkapnya
Rekomendasi MPASI Pertama yang Bisa Dicoba untuk Anak, Enak dan Tinggi Nutrisi

Rekomendasi MPASI Pertama yang Bisa Dicoba untuk Anak, Enak dan Tinggi Nutrisi

Ingin memberikan MPASI pertama buat si kecil? Ini rekomendasinya yang bisa dipertimbangkan.

Baca Selengkapnya
Trik Simpan Makanan Sisa Sahur dan Berbuka Biar Tak Cepat Basi

Trik Simpan Makanan Sisa Sahur dan Berbuka Biar Tak Cepat Basi

Biar tidak mubazir dan makanan sisa bisa disantap lagi keesokan hari, cari tahu trik menyimpannya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Bikin Nasi Padang Gizi Seimbang Ala Nutritionist, Penasaran?

Cara Bikin Nasi Padang Gizi Seimbang Ala Nutritionist, Penasaran?

Semua makanan bisa dikontrol agar kalorinya lebih rendah, termasuk nasi padang. Intip trik ahli gizi makan nasi padang dengan cara lebih sehat.

Baca Selengkapnya
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
Manfaat Bayam untuk Kesehatan dan Tips Mengkonsumsinya

Manfaat Bayam untuk Kesehatan dan Tips Mengkonsumsinya

Bayam termasuk sayur yang paling banyak dijadikan menu santapan sehari-hari. Yuk, simak fakta lengkap tentang manfaat bayam!

Baca Selengkapnya
5 Asupan yang Aman Dikonsumsi Saat Perut Kosong, Apa Saja?

5 Asupan yang Aman Dikonsumsi Saat Perut Kosong, Apa Saja?

Hindari rasa tak nyaman di perut akibat mengonsumsi makanan tertentu saat perut kosong, pilih makanan yang lebih aman.

Baca Selengkapnya
Trik Bikin Nasi Gila Super Nikmat tapi Versi Lebih Sehat

Trik Bikin Nasi Gila Super Nikmat tapi Versi Lebih Sehat

Biasanya nasi gila mengandung kalori dan lemak yang tinggi, namun kamu bisa membuatnya lebih kaya gizi dengan tips sederhana.

Baca Selengkapnya
Porsi Makan Lebih Banyak tapi Berat Badan Bisa Turun, Ada Caranya

Porsi Makan Lebih Banyak tapi Berat Badan Bisa Turun, Ada Caranya

Porsi besar makanan rendah kalori akan membantu kita mengurangi total asupan kalori harian.

Baca Selengkapnya