Cara Membuat Oralit untuk Anak di Rumah

Oralit menjadi minuman untuk penanganan pertama pada diare yang mudah dibuat oleh siapa saja. Bagaimana cara membuat oralit di rumah?

Siwi Nur Wakhidah
| 19 Juni 2019 10:03

Cara Membuat Oralit untuk Anak

Tidak jauh berbeda dengan cara membuat oralit pada umumnya, yakni dengan campuran gula dan garam yang dilarutkan. Namun cara untuk membuat oralit untuk anak, orang tua harus memperhatikan beberapa hal.

Anak yang sedang sakit


-    Untuk anak di bawah usia dua tahun, pemberian oralit tidak boleh berlebihan. Di antara seperempat sampai setengah gelas saja dalam sekali minum. Dalam sehari, anak disarankan untuk tetap meminum maksimal 3 kali sehari sampai mereka merasa membaik.
-    Untuk anak usia dua tahun ke atas, pemberian oralit bisa diberikan setengah gelas atau satu gelas penuh dalam sekali minum.

Rasa larutan oralit mungkin tidak begitu enak bagi lidah anak-anak. Sebagai orang tua kita harus sabar memberikan oralit pada anak, seperti dengan menyuapinya perlahan dengan sendok.

Beri jarak waktu untuk meminum oralit secara perlahan, bisa setiap 5 menit atau 10 menit sekali.

Pemberian oralit bisa terus dilakukan sampai diare reda. Apabila dalam waktu 3 sampai 5 hari anak masih merasa tidak enak, dan diare belum mereda, orang tua disarankan untuk segera memeriksakan anak ke dokter.

Selanjutnya :

Orang Tua Harus Memperhatikan Hal Ini

Muhasabah bersama Ustaz Erick Yusuf

Jangan Lewatkan